Cover Image

CASH WAQF LINK SUKUK (CWLS) Persepsi Dan Preferensi Investor Sosial

Rahmayati R

Abstract


Persepsi masyarakat masih kurang minat pada wakaf tunai ini karena berbagai faktor yaitu kurangnya sosialisasi sehingga minimnya informasi yang diperoleh masyarakat, dampaknya pengumpulan investasi tersebut kurang dari pencapaian target yang telah dirancang dalam penerbitan Sukuk ini. Sedangkan dalam preferensi para responden diketahui bahwa lebih memilih jenis wakaf yang tidak uang atau yang umumnya dilakukan karena kebiasaan yang telah lama dilaksanakan, pengetahuan yang kurang terkait wakaf tunai, dan kurangnya edukasi dari lembaga pemerintah, swasta, dan lainnya. Diperlukan dukungan dari berbagai lembaga agar sosialisasi dapat terpenuhi secara luas dan merata. Peluang dan potensi pasar dari target investor harus tetap dicapai dari berbagai strategi yang dapat dilakukan dari peran pemerintah dan lembaga lainnya, karena berdasarkan hasil penelitian bahwa motivasi untuk melakukan wakaf tunai ini yaitu untuk kebutuhan ibadah dari ajaran agama Islam sehingga mayoritas berpandangan bahwa dengan wakaf maka akan memperoleh pahala. Namun jika dipelajari lebih lanjut maka pertimbangan wakaf ini sangat perlu diperluas informasinya yaitu payung hukum atau legalitas yang baik karena terdapat peran pemerintah sehingga lebih aman, transparansi juga karena ada lembaga keuangan syariah, serta pembangunan yang berkelanjutan dari wakaf tunai ini. Apabila seluruh investor sosial menyadari bahwa dengan wakaf uang atau CWLS ini akan memberikan dampak pembangunan ekonomi yang berkelanjutan karena distribusinya merata dan dapat dimanfaatkan secara jangka panjang akan memberi minat dan respon dari para investor sosial untuk menempatkan investasinya pada instrumen CWLS ini.


Full Text:

PDF

References


Supriyadi, Ahmad, 2009. Pasar Modal Syariah Di Indomesia, STAIN, Kudus.

Soemitra, Andri, 2010. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Kencana Predana Media Grup, Jakarta.

Sudarsono, Heri, 2004. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, EKONISIA, Yogyakarta.

Direktorat Pemberdayaan Wakaf Dirjen Bimas Islam Depag RI, 2006. Perkembangan PengelolaanWakaf Di Indonesia, Jakarta.

HR. Bukhari, bab al-syuruth fii al-waqf, hal. 2737, Muslim dalam Al-Washiyah, bab al-waqf..

Undang-Undang NO. 41 Tahun 2004 Tentang Wakaf.

Husein, Syahattah dan Athiyyah Fayyadh, 2004. Adhubat Sar’iyyah Littamal fii Syuq ar-Rouq Maliyah, edisi terjemah “Bursa Efek-Tuntunan Islam dalam Transaksi di Pasar Modal”, Pustaka Progresif, Jakarta.

Khaf, Monzer, 1997, Instrumen of Meeting Budget Deficit ini Islamic Economy, Research Paper No. 42, Jedah: IRTI-IDB.

Adam, J Nathif, 2005, Sukuk: A Panacea for Convergence & Capital Market Development in the OIC Countries, Presentation 6th International Conference on Islamic Economics, Banking & Finance, Jakarta 21st – 24th November.

Dewan Syariah Nasional-MUI, 2003. Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional, Jakarta: DSN-MUI dan Bank Indonesia.

Ali, Syed Salman, 2005. Islamic Capital Market Products: Developments and Challenges, Occasional Paper No. 9, Jedah: IRTI-IDB.

Djunaidi, Achmad, danThobieb Al-Asyhar, 2013. Menuju Era WakafProduktif, MitraAbadi Press, Jakarta.

Anshori, Al, dan Abdul Ghofur, 2004. Hukum dan PraktikPerwakafan di Indonesia, Pilar Media, Yogyakarta. Cet.Ke- 2.

Aziz, Muhamad, 2017. Peran Badan Wakaf Indonesia (BWI) dalam Mengembangkan Prospek Wakaf Uang di Indonesia, Vol. 1, TubanSTAI.

Furqon, Ahmad, 2014. Kompetensi Nazir Wakaf Berbasis Social Enterpreneur, LP2M, Semarang.

Wadji, Farid. Dan Mursyid, 2007. Wakaf dan Kesejahteraan Umat (Filantropi Islam yang HampirTerlupakan), Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Rachmadi, Usman, 2009. Hukum Perwakafan di Indonesia, SinarGrafika, Jakarta.

Rozalinda, 2015. Manajemen Wakaf Produktif, Jakarta: PT GrafindoPersada, 2015

Belk, Irfan Syauqi. 2015. Sukuk Al Intifa’a. Jurnal Ekonomi Islam Republika, Jakarta.

Huda, Nurul dan Mustafa Edwin Nasution. 2007. Investasi pada Pasar Modal Syariah. Kencana, Jakarta.

Syairozi, M Imam, dkk, 2016. Sukuk Al Intifa: Integrasi Sukuk dan Wakaf Dalam Meningkatkan Produktivitas Sektor Wakaf Pendorong Investasi Pada Pasar Modal Syariah, Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, Volume II Nomor 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.