Penerapan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Mahasiswa Pada Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Akuntansi FKIP UMSU

Mariati Mariati

Abstract


Abstrak: Terdapat tiga komponen yang dianggap penting dalam dunia pendidikan atau pengajaran, yaitu tujuan, metode, dan evaluasi. Tahapan terpenting dalam proses pembelajaran adalah evaluasi. Manfaat dari evaluasi adalah untuk mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran dan sebaliknya tujuan pembelajaran merupakan acuan dalam melaksanakan evaluasi. Untuk itu diperlukan adanya pengembangan alat evaluasi yang dapat mengukur ketercapaian dari tujuan pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan alat evaluasi berdasarkan taksonomi bloom pada materi akuntansi dan melihat tingkat kemampuan berfikir mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus ini dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan penelitian tindakan, yaitu: tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa adalah tes di akhir siklus yang berupa penyusunan soal akuntansi dengan tingkat kognitif taksonomi Bloom mulai dari aspek pengetahuan (C1) sampai dengan aspek evaluasi atau unjuk kerja (C6). Kata Kunci: Alat Evaluasi Pembelajaran, Taksonomi Bloom dan Kemampuan Berfikir

Full Text:

PDF

References


Anonim. Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta On line at http://staff.uny.ac.id/

sites/default/ [diakses tanggal 28 Juli 2015].

Arisworo, Djoko. 2007. Buku Paket Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas VIII Sekolah

Menengah Pertama. Bandung: Grafindo Media Pratama

[BSNP]Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Online at http://blog.sunanampel.ac.id/ rizka/files/ 2011/12/Panduan_Umum_KTSP.pdf. [diakses tanggal 7 Agustus

Lwin, May dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. Jakarta: Indeks.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Redhana, I Wayan. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui

Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal. Singaraja: IKIP

Negeri Singaraja.

Soedijarto H. 2004. Kurikulum, Sistem Evaluasi, dan Tenaga Pendidikan sebagai unsur strategis

dalam Penyelenggaraan Sistem Pengajaran Nasional. Jurnal. Jakarta: Universitas Negeri

Jakarta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suharsimi, Arikunto. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukiman, 2011. Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Mandiri.

Surapranata, Sumarna. 2004. Panduan Penulisan Tes Tertulis. Bandung: Remaja Rosakarya.

Widodo. 2010. Analisis Butir Soal Tes. Jurnal. Tasikmalaya: SDK BPK Penabur.

Sudijoono, Anas. 2010. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Rajawali Pers


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.