Penerapan Nilai Karakter Keagamaan Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal

Citra Hasanah

Abstract


Citra Hasanah 1601020029. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Pendidikan Agama Islam. Tahun ajaran 2009/2010. Universitas Muhammadiyah Sumatera UUtara


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penerapan nilai karakter peserta didik untuk membentuk perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan dilaksanakan penerapan ini maka bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan nilai-nilai karakter keagamaan serta nilai karakter keagamaan apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa melalui penerapan nilai karakter keagamaan pada pemebalajaran pendidikan agama islam, siswa dapat membiasakan diri untuk menerapkan sikap yang telah ditanamkan di sekolah.


Keywords


Penerapan nilai; Karakter keagamaan; Pendidikan agama islam

References


Abdullah Sani, Ridwan dan Kadri, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara

Nata, Abuddin. (2020). Pendidikan Islam di Era Milenial, Jakarta: Kencana

Adisusilo, Sutarjo. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajawali Pers

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak

Hamid, Hamdani dan Ahmad Saebani, Beni. (2013). Pendidikan Karakter Perspeltif Islam, Bandung: Pustaka Setia

Irman, Muhammad dan Ardy Wiyani, Novan. (2017). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pebelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

J Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Komalasari, Kokom dan Saripudin, Didin. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education, Bandung: Refika Aditama

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Morissan. (2019). Riset Kualitatif, Jakarta: Prenadamedia Group

Nata, Abuddin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana

Pohan, Selamat dan Zailani. (2016). Ilmu Pendidikan Islam, Medan: UMSU Pers

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Pontianak: IAIN Pontianak Press

Selamat Pohan. (2016). Kapita Selekta Pendidikan, Medan: KBPM Sumut

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perpektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara

Akrim dan Paridah, (2019). “Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permainan Peran di RA Al-Muslihin Binjai,” dalam Journal Of Education And Mathematical Science. No. 1. Volume 1

Ma’rifataini, Lisa’diyah. (2015). “Model Penanamn Nilai-nilai Karakter Siswa SMA Berbasis Pendidikan Agama”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. No. 1. Volume 13

Samrin, (2016). “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”, dalam Jurnal Al-Ta’dib. No. 1. Volume 9

Agussani, & Bahri, S. (2019). A qualitative study on the role of family and social circles among women entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(2), 222–239.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). The Opinion of Medan City Society to Islamic Radical Polemics and Terrorist in Indonesia. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 1-9.

Agussani, A. (2020). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science: Facing the Industrial Revolution 4.0 Era. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). Jurnal Studi Pemerintahan" Do Social and lnstitutional Factors lmprove the Quality of Environment? Evidence from 5 ASEAN Economies. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322–333.

Agussani, A. (2018). Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Barnawi, Arifin, M. 2015. Microteaching. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Dadang;, A. H., & Akrim, A. (2020). Social Welfare : Happy , Healthy , And Wealthy. (1925), 1925–1933.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, & Sulasmi, E. (2020). Math Journaling in Inductive Thinking Learning Models to Enhance Students Self-Regulated Learning ( Theoretical concepts ). XXIX, 623–634. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.765

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan mengajar. Refika Aditama

Hasibuan, JJ, dkk. 2006. Proses belajar mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Prasetia, I., Akrim, & Sulasmi, E. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294–314.

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Kartono, K.1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulasmi, E. (2020a). Evaluation of Coaching Students Based on Dormitory Curriculum in Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. 640–646.

Sulasmi, E. (2020b). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E. (2020c). The Development Strategy of Human Resources Management In Children ’ s Social Welfare Institution ( LKSA ) ( Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu ). 562–569.

Sulasmi, E., Agussani, & Tanjung, H. (2020). BRIDGING THE WAY TOWARDS SUSTAINABILITY PERFORMANCE THROUGH SAFETY, EMPOWERMENT AND LEARNING: USING SUSTAINABLE LEADERSHIP AS DRIVING FORCE. JOURNAL OF SECURITY AND SUSTAINABILITY, 9(4), 42–55.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334–342.

Taniredja, Tukiran. 2015. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.