Pengaruh Nilai Karekter Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Citra Hasanah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kurangnya penerapan nilai karakter peserta didik untuk membentuk perilaku religius dalam dirinya terkhusus pada pembelajaran pendidikan agama islam. Dengan dilaksanakan penerapan ini maka bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan nilai-nilai karakter keagamaan serta nilai karakter keagamaan apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 47 Sunggal. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa melalui penerapan nilai karakter keagamaan pada pemebalajaran pendidikan agama islam, siswa dapat membiasakan diri untuk menerapkan sikap yang telah ditanamkan di sekolah.


Keywords


Penerapan nilai, Karakter keagamaan, Pendidikan agama islam

References


Abdullah Sani, Ridwan dan Kadri, Muhammad. (2016). Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Jakarta: Bumi Aksara

Nata, Abuddin. (2020). Pendidikan Islam di Era Milenial, Jakarta: Kencana

Adisusilo, Sutarjo. (2014). Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajawali Pers

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV Jejak

Hamid, Hamdani dan Ahmad Saebani, Beni. (2013). Pendidikan Karakter Perspeltif Islam, Bandung: Pustaka Setia

Irman, Muhammad dan Ardy Wiyani, Novan. (2017). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Proses Pebelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

J Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Komalasari, Kokom dan Saripudin, Didin. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education, Bandung: Refika Aditama

Kurniawan, Syamsul. (2017). Pendidikan karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Morissan. (2019). Riset Kualitatif, Jakarta: Prenadamedia Group

Nata, Abuddin. (2010). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana

Pohan, Selamat dan Zailani. (2016). Ilmu Pendidikan Islam, Medan: UMSU Pers

Telaumbanua , M. (2020). Effort To Improve Writing Skills Paragraph Persuasive Through Grade VIII Student Image Media SMP Negeri 3 Alasa Talumuzoi. EDUCATION JOURNAL OF INDONESIA, 1(1). Retrieved from https://publication.umsu.ac.id/index.php/eji/article/view/578

Rianawati. (2014). Implementasi Nilai-nilai Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Pontianak: IAIN Pontianak Press

Selamat Pohan. (2016). Kapita Selekta Pendidikan, Medan: KBPM Sumut

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Zuriah, Nurul. (2008). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti Dalam Perpektif Perubahan, Jakarta: Bumi Aksara

Akrim dan Paridah, (2019). “Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permainan Peran di RA Al-Muslihin Binjai,” dalam Journal Of Education And Mathematical Science. No. 1. Volume 1

Ma’rifataini, Lisa’diyah. (2015). “Model Penanamn Nilai-nilai Karakter Siswa SMA Berbasis Pendidikan Agama”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. No. 1. Volume 13

Samrin, (2016). “Pendidikan Karakter (Sebuah Pendekatan Nilai)”, dalam Jurnal Al-Ta’dib. No. 1. Volume 9

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A. (2018). Akidah Dan Akhlak. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Nasution, M. D., & Nasution, D. I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Ropes (Review, Overview, Presentation, Exercise ,Summary) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa MTS Hifzhil Qur’an Medan. EDUCATION JOURNAL OF INDONESIA, 1(1)

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.