Strategi Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Penilaian Prestasi Siswa

Ida Fitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran value clarification technique (VCT) ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam di Smp Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambil  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Rahmat Islamiah T.A 2020/2021 yang berjumlah 144  siswa.  Sampel dalam penelitian ini di ambil dengan teknik penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan dipertimbangkannya bahwa tidak ada kelas yang diunggulkan dan sudah di uji homogen. Pada kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan  model pembelajaran value clarification  technique dengan jumlah siswa 32 siswa dan kelas kontrol di lakukan di kelas  kelas VIII D dengan  model pembelajaran konvesional dengan jumlah siswa 29 siswa. Penelitian yang dilakukan ini dengan menggunakan eksperimen kuasi bentuk Pretest-Posttest, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.


Keywords


Pengaruh, Model Pembelajaran VCT, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


krim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1). UMSU, K. E. M. PEMBENTUKAN SARJANA BERKUALITAS MELALUI SOFT SKILLS PADA.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-97.

ALAMSYAH, K. S. PERCERAIAN AKIBAT KETIDAKHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA KARENA SUAMI MENDERITA KELAINAN SEKSUAL.

Darusman, Rijal. "Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP." Infinity Journal. No. 2. Volume 3. 2014.

Fanreza, Robie and Pasaribu, Munawir. "Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik." (2016).

Hayati, I. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 52-72.

Hayati, I., & Siregar, Y. Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Imaduddin, Muhammad Chomsi, and Unggul Haryanto Nur Utomo. "Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII." Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia. No. 1. Volume 9. 2012.

Kadarusman, Guntur, and Bambang Eko Hari Cahyono. "Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun." Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. No. 1. Volume 2. 2018.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.9), 78-81. Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

Nasrudin, N., et al. "Multimedia educational game approach for psychological conditional." Int. J. Eng. Technol 7.2.9 (2018): 78-81.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Putu, Mita Sari Ni Luh, I. Nengah Suadnyana, and I. Wayan Darsana. "Model Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Ipa." Mimbar PGSD Undiksha. No. 1. Volume 4. 2016.

Pinem, R. K. B. (2020). DONOR ANGGOTA TUBUH (TRANSPLANTASI) MENURUT HUKUM ISLAM (Upaya Mengidentifikasi Masalah dan Mencari Dalil-Dalilnya). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 67-78.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Pinem, R. (2019). Hak-Hak Perempuanterhadap Harta Dalam Suku Karo (Memaknai Simbol dalam Rangka Perubahan Hukum di Masyarakat). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 16-27.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Rahman, Miftahul, and Nurfadilah Mahmud. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene." Saintifik. No. 1. Volume 4. 2018.

Syam, Natriani, and Ramlah Ramlah. "Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare." Publikasi Pendidikan. No. 5. Volume 3. 2015.

Umrotun. "Pembelajaran melalui Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kemagnetan Peserta Didik Kelas IX Semester Dua Tahun Ajaran 2012/2013." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. No. 1. Volume 7. 2016

Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung, Cet ke-3, Remaja Rosdakarya

Husnel Anwar Matondang. (2007). Islam Kaffah, Medan, Perdana Publishin

Mulyasana. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Cet ke- 4, Jakarta, Rineka Cipta.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya , Cet ke-5, Jakarta, Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta , Prenadamedia.

Yadianto. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung,Cet-ke 1

Armai Arief. (2007). Reformulasi Pendidikan Islam, Cet ke-2

Ahmad Tafsir. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam , Cet- 8 Bandung, Remaja Rosdakarya

Al –Qardhawi (1980). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta, Bulan Bintang.

Anton M.Moeliono.(1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, , Cet ke-2, Jakarta, Balai Pustaka

Aslam Hadi. (1986). Pengantar Filsafat Islam. Jakarta, Rajawali

.A.Tihami. (2003). Kamus Istilah-istilah Dalam Studi Keislaman menurut Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani, Serang, Suhud Sentrautama.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A. (2018). Akidah Dan Akhlak. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License