Strategi Pembelajaran Value Clarification Technique Terhadap Penilaian Prestasi Siswa

Ida Fitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran value clarification technique (VCT) ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi Pendidikan Agama Islam di Smp Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambil  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Rahmat Islamiah T.A 2020/2021 yang berjumlah 144  siswa.  Sampel dalam penelitian ini di ambil dengan teknik penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan dipertimbangkannya bahwa tidak ada kelas yang diunggulkan dan sudah di uji homogen. Pada kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan  model pembelajaran value clarification  technique dengan jumlah siswa 32 siswa dan kelas kontrol di lakukan di kelas  kelas VIII D dengan  model pembelajaran konvesional dengan jumlah siswa 29 siswa. Penelitian yang dilakukan ini dengan menggunakan eksperimen kuasi bentuk Pretest-Posttest, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t.


Keywords


Pengaruh, Model Pembelajaran VCT, hasil belajar

References


Nana Syaodih Sukmadinata. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung, Cet ke-3, Remaja Rosdakarya

Husnel Anwar Matondang. (2007). Islam Kaffah, Medan, Perdana Publishin

Mulyasana. (2011). Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Cet ke- 4, Jakarta, Rineka Cipta.

Slameto.(2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya , Cet ke-5, Jakarta, Rineka Cipta.

Nana Sudjana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta , Prenadamedia.

Yadianto. (1996). Kamus Umum Bahasa Indonesia, Bandung,Cet-ke 1

Armai Arief. (2007). Reformulasi Pendidikan Islam, Cet ke-2

Ahmad Tafsir. (2008). Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam , Cet- 8 Bandung, Remaja Rosdakarya

Al –Qardhawi (1980). Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta, Bulan Bintang.

Anton M.Moeliono.(1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, , Cet ke-2, Jakarta, Balai Pustaka

Aslam Hadi. (1986). Pengantar Filsafat Islam. Jakarta, Rajawali

.A.Tihami. (2003). Kamus Istilah-istilah Dalam Studi Keislaman menurut Syeikh Muhammad Nawawi al-Bantani, Serang, Suhud Sentrautama.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A. (2018). Akidah Dan Akhlak. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.