Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MTs

Cahaya Lisda

Abstract


Cahaya Lisda, Npm: 1601020018 

Fakultas Agama Islam, Pendidikan Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MTs Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Di MTs 

Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat diketahui pengaruh dari model pembelajaran bamboo dancing terhadap hasil belajar fikih siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Dan dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum digunakannya model bamboo dancing ini dengan hasil setelah dilakukannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Subjek dalam peneitian yang diambil sebanyak 24 siswa di kelas VIII 1 dan 25 siswa di kelas VIII 2, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung (partisipatif), wawancara, dan dokumentasi berupa catatan nilai siswa, buku, foto. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa hasil belajar fikih siswa mengalami peningkatan yang signifikan dengan digunakannya model bamboo dancing ini. Kata Kunci : Metode Bamboo Dancing, Hasil Belajar, Fikih

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Edisi 2, Jakarta : Bumi Aksara. 2012.

Akrim. “Efforts To Incerease Children’s Courage Motivation For Performance Through Role Playing Strategies In Ra Al-Muslihin Binjai”. Journal Of Education And Mathematical Science. Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. No. 1. Volume. 1. 2020.

Eko SG27 “Mencari Arti Kerangka Berfikir “, didapat dari https://eko-sg.blogspot.com/2013/09/kerangka-berfikir.html?m=1 (Diakses 5 Maret 2020)

Hamdayama, Jumanta. Metodologi Pengajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara. 2016.

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran , Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Huda, Miftahu . Cooperatif Learning, Yogyakarta, Pustaka Pelajar. 2014. Iswoyo, Rahmat. Pengaruh Model Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 2 Metro Selatan, Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2018.

Kartono, Kartini. 198. Kamus Psikologi.Jakarta: Pioneer Jaya. Kementerian Agama Republik Indonesia, Buku Siswa Fikih Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Agama. 2015.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitaif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder, Jakarta: PT Grafindo Persada. 2010.

Muncarno. Statistik Pendidikan, Cet 5, Lampung: Artha Copy.Metro.2015.

Mudyahardjo, Redja. Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia, cet.6 , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2010.

Makmun , Abin Syamsuddin. Psikologi Kependidikan, Bandug: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2009.

Nana , Dian, Pengaruh Model Pembelajaran Bamboo Dancing ( Tari Bambu) Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa SDN 1 Cipedes, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Muhammadiyah Kuningan, Volume. II. No. 2. 2017.

Q.S Yusuf : 12 : 88

Q.S Al-Baqarah: 2 :177

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya. 2005.

Suprijono, Agus. Model-Model Pembelajaran Mansipatoris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2016.

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 , Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2016.

Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2011. Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar,cet.12, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.

Siswanto, Victorianus Aries. Strategi dan Langkah-Langkah Penelitian , Yogyakarta : Graha Ilmu. 2012.

Sugiono. Metode Penelitian Kuantitatif , Bandung, Alfabeta. 2018.

Zhizhachu’s “pengertian tes”, didapat dari https://zhizhachu.wordpress.com/tag/pengertian-tes/ (Diakses 19 Maret 2020).

 


References


AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A. (2018). Akidah Dan Akhlak. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Nst, M. D. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Doly, M., & Sari, E. T. (2019). The Influence of Cycle Learning Model on Mathematics Learning Motivation in Private Vocational School Students Harapan Mekar Medan Marelan TP 2017/2018. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Nasution, M. D., & Oktaviani, W. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V TP 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Nasution, M. D. (2017, October). Approaches to School Supervision in Indonesian Context. In 4th Asia Pacific Education Conference (AECON 2017). Atlantis Press.

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.

Manurung, S. H., & Manurung, A. A. (2015). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri RantauPrapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Akrim, M. (2018, July). Media Learning in Digital Era. In 2018 3rd International Conference on Education, Sports, Arts and Management Engineering (ICESAME 2018). Atlantis Press.

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.