Penerapan Metode Drill Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Al-Ijtihadiyah Martebing

Zanna Ika Pramesti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada Materi Hukum Mawaris di MTs Al-Ijtihadiyah Martebing dan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan metode drill pada materi hukum mawaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-D di MTs Al-Ijtihadiyah Martebing Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi hukum mawaris mengalami oeningjatan signifikan. 


Keywords


Metode Drill; Hasil belajar

References


Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian Anak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Darwis, Amri, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Islam, Ed 1, Cet 1. (Jakarta: Rajawali Press).

Husein, Amir, A. Hukum Kewarisan: Suatu Komparatif Pemikiran Mujtahid dan Kompilasi Hukum Islam. Ed. 1, Cet 2. (Jakarta: Rajawali Press)

Nana Sudjana, (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)

Ramayulis, R. (2005). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Cet.4 (Jakarta: Kalam Mulia).

Rofiq, Ahmad, A. (2001). Fiqh Mawaris, Ed. Revisi, Cet 2. (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada).

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). (Bandung: Alfabeta).

Suhrawardi, dan Komis, S. Hukum Waris Islam (Lengkap dan Praktis), (Jakarta: Sinar Grafika)

Sulistiani, E. (2016). Implementasi Metode Drill Dalam Pembelajaran Al Qur’an Hadits Di Kelas Iv A Semester Genap Mi Negeri Wirasaba Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015-2016 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Syarifuddin, Amir, A. (2004). Hukum Kewarisan Islam, Edisi kedua (Jakarta: Kencana).

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional(Jakarta: Depdiknas)

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A. (2018). Akidah Dan Akhlak. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.