Implementasi Metode Mind Mapping Berbantu Media Power Point Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Al-washliyah Damar Condong Serang Jaya Hilir

Tri Nita Rezeki

Abstract


Pendidikan adalah senjata utama dalam mengubah dunia. Pandangan ini tentunya bukan omong kosong semata jika dilihat dari bagaimana dunia berubah dengan sangat cepat akibat temuan-temuan yang ditemukan dalam berbagai bidang yang disebabkan oleh adanya pendidikan. Sedemikian cepatnya hingga jika suatu bangsa tidak mampu mensejajarkan diri dengan pergeseran paradigma dan bersaing dengan dunia internasional, akan jauh tertinggal. Pendidikan memegang tombak penting bagaimana nilai sikap, pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup dapat dimiliki oleh setiap orang.[1] Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat sehingga membuat orang dan masyarakat jadi beradap. Pendidikan bukan merupakan sarana transfer ilmu pengetahuan saja, tetapi lebih luas lagi, pendidikan merupakan sarana pembudayaan dan penyaluran nilai (enkulturisasi dan sosialisasi). Anak harus mendapat pendidikan yang menyentuh dimensi dasar kemanusiaan.[2]

1

Pendidikan Nasional di Indonesia menurut Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, bab 1 pasal 1 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Jadi diperlukan adanya pendidik dan metode pembelajaran yang efektif, sistematik, terencana, berproses dan terevaluasi, sehingga tujuan pendidikan itu dapat tercapai sesuai yang kita inginkan.

[1] Nyoman Parwati et.al, Belajar Dan Pembelajaran, (Depok: Rajawali Pers, 2018), h. 13-14.

[2] Fanreza, Robie, and Munawir Pasaribu. "Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik." (2016).


Full Text:

PDF

References


Buku:

Darmadi, Hamid. Metode Penelitian Pendidikan Dan Sosial, Bandung: Alfabeta, 2014.

Daryanyo dan Karim, Syaiful. Pembelajaran Abad 21, Yogjakarta: Gava Media, 2017.

Gunawan. Percikan Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Istarani. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran, Medan: Media Persada,2014.

Kosim, Muhammad. Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun, Jakarta: Rineka Cipta, 2012.

Lefudin, Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Dan Metode Pembelajaran, Yogjakarta: Deepublish, 2017

Mahfud et. al, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multietnik, Yogjakarta: Deepublish, 2015

Mudlofir, Ali dan Rusydiyah, Evi Fatimatur. Desain Pembelajaran Inovatif, Jakarta : Rajawali Pers, 2017.

Muliawan, Ungguh. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

Ngalimun. Kapita Selekta Pendidikan, Yogjakarta: Dua Satria Offset, 2017.

Parwati, Nyoman et.al. Belajar Dan Pembelajaran, Depok: Rajawali Pers, 2018.

Putra, Nusa dan Lisnawat. Santi. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.

Sarwandi, Jago Microsoft Powerpoint 2016, Jakarta: Gramedia, 2018.

Islam, E. P. M. K. K. Langkat)(Akrim dan Alesyanti).

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013, Yogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2016

Sundayana, Rostina. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika, Bandung: Alfabeta, 2015.

Suryani, Nunuk et.al. Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2016).

Tohirin. Metode Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Yaumi, Muhammad. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media, 2018.

Jurnal:

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Darusman, Rijal. "Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP." Infinity Journal. No. 2. Volume 3. 2014.

Fanreza, Robie and Pasaribu, Munawir. "Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik." (2016).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

UMSU, K. E. M. PEMBENTUKAN SARJANA BERKUALITAS MELALUI SOFT SKILLS PADA.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-97.

Imaduddin, Muhammad Chomsi, and Unggul Haryanto Nur Utomo. "Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII." Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia. No. 1. Volume 9. 2012.

Kadarusman, Guntur, and Bambang Eko Hari Cahyono. "Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun." Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. No. 1. Volume 2. 2018.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.9), 78-81.

Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

Putu, Mita Sari Ni Luh, I. Nengah Suadnyana, and I. Wayan Darsana. "Model Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Ipa." Mimbar PGSD Undiksha. No. 1. Volume 4. 2016.

Rahman, Miftahul, and Nurfadilah Mahmud. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene." Saintifik. No. 1. Volume 4. 2018.

Syam, Natriani, and Ramlah Ramlah. "Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare." Publikasi Pendidikan. No. 5. Volume 3. 2015.

Umrotun. "Pembelajaran melalui Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kemagnetan Peserta Didik Kelas IX Semester Dua Tahun Ajaran 2012/2013." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. No. 1. Volume 7. 2016

Nasrudin, N., et al. "Multimedia educational game approach for psychological conditional." Int. J. Eng. Technol 7.2.9 (2018): 78-81.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kumpulan Penelitian Mahasiswa