Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas Viii Mts S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021

Dewi Adela

Abstract


Layanan penguasaan konten merupakan suatu layanan kepada individu (siswa) baik sendiri maupun dalam kelompok untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 MTS S Ulumul Qur’an Stabat. Dari 26 siswa, yang menjadi objek yang mengalami kejenuhan belajar ialah berjumlah 12 siswa. Penentuan sumber data dilakukan dengan teknik Purposive Sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah Pada saat sebelum dilakukan layanan penguasaan konten dengan model Teams Games Tournament siswa cenderung bosan, malas berfikir dan jenuh dalam mengikuti pembelajaran. Namun setelah diterapakan layanan pertama penguasaan konten yang pertama didapatkan hasil bahwa siswa menjadi lebih antusias mengikuti pembelajaran. Siswa tidak lagi mengantuk, berbicara dengan teman atau melakukan hal yang dirasa asik sendiri. Pada pertemuan kedua, kejenuhan belajar sudah tidak lagi terasa sebab siswa lebih aktif dan menantikan jenis permainan apalagi yang akan peneliti bawakan dalam pertemuan kali ini. Siswa lebih mempersiapkan diri dan merefleksi kembali pelajaran sebelumnya agar bisa menjawab pertanyaan yang ada di depan kelas sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, menyenangkan dan tidak membosankan. Setelah dilakukan dua kali pertemuan layanan penguasaan konten dengan model Teams Games Tournament ini, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa Layanan Penguasaan Konten Melalui Model Teams Games Tournament Dapat Mengatasi Kejenuhan Belajar Pada Siswa Kelas VIII MTS S Ulumul Qur’an Stabat Tahun Ajaran 2020/2021.


Full Text:

PDF

References


Bahrer-Kohler, S. (2012). Burnout for Expert: Prevention in the context of living and working. London: Springer Science & Business Media.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hariyanto, Agus. 2019. Teams Games Tournament (TGT) Dan Jigsaw Melalui Pendekatan saintifik. Yogyakarta: Deepublish.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Mulyadi. 2016. Bimbingan Konseling Di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Murti, Sari dan Yusri. 2019. Profile Saturation of Student in High Scholl 8 Padang. Neo Konseling, 1(2) : 1-2.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Sari, A. W., Deliati, D., & Tuss’adiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Sari, Nichien dan Hartati, Maria T S. 2017. Kinerja Konselor Ditinjau dari Kompetensi Profesional Di SMA Negeri Se-Kabupaten Batang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 2(4) : 57.

Sari, Permata. dkk., Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandar Lampung. Journal of Guidance and Counseling Inspiration, 1(1) : 47.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, A. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar

Syah, Muhibbin. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya. Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Tohirin. 2008. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License