Perspektif Kesantunan Berbahasa Juri Pada Liga Dangdut Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan prinsip kesantunan berbahasa dalam tayangan Liga Dangut Indonesia. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data sekunder berupa video pada tayangan Liga Dangdut Indonesia yang berdurasi 2 jam 48 menit, dari aplikasi vidio. Data penelitian ini adalah semua isi tuturan juri yang ada dalam tayangan Liga Dangdut Indonesia dengan gambaran prinsip kesantunan berbahasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data analisis kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan prinsip kesantunan berbahasa dalam tayangan Liga Dangdut Indonesia. Instrumen penelitian ini adalah human instrument yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam prinsip kesantunan berbahasa dalam tayangan Liga Dangdut Indonesia, yaitu 3 data maksim kebijaksanaan (Tact Maxim), 3 data maksim kedermawanan (Generosity Maxim), 50 data maksim pujian (Approbation Maxim), 1 data maksim kerendahan hati (Modesty Maxim), 3 data maksim kesepakatan (Agreement Maxim), dan 7 data maksim kesimpatian (Sympathy Maxim). Dari enam maksim yang terdapat dalam tayangan Liga Dangdut Indonesia, maksim pujian (Approbation Maxim) yang sering digunakan dalam setiap tuturan yang ada di dalam tayangan LIDA tersebut.
Full Text:
PDFReferences
Aisah, Cucu, dkk. 2018. Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Program Opera Van Java Episode Pengambil Setan. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1,No. 2.
Amalia, N. (2021). APLIKASI FLASH PLAYER BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE READER. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).
Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amini, A., Syamsuyurnita, S., & Hasnidar, H. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Terintegrasi Pada Tingkat Pendidikan Dasar di Kota Medan. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Amini, A., SYAMSUYURNITA, S., & HASNIDAR, H. (2018). MODEL MANAJEMEN PEMBERDAYAAN TABUNGAN SISWA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aztry, A. (2020). Model Student Facilitator and Explaining dalam Kemampuan Menulis Argumentatif. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 7-14.
Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1)
Aztry, A., & Winarti, W. (2018). PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., & Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Butar-butar, C., Syamsuyurnita, S., &Isman, M. (2018). REKONSTRUKSI DAN REVITALISASI CERITA RAKYAT SEBAGAI PEWARIS BUDAYA DAN KEARIFAN LOKAL DENGAN PENDEKATAN SITUS MITOS PADA MASYARAKAT BATAK TOBA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistic Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul & Leonnie Agustina. 2018. Sosiolingistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Hayati, F., Amri, Y. K., & Amalia, N. (2020). Pembinaan Karya Ilmiah Remaja Dengan Menggunakan Metode Tutorial Pada Guru SMA Sekolah Muhammadiyah Sektor Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 27-34.(https://id.wikipedia.org/wiki/Liga_Dangdut_Indonesia. diakses pada tanggal 28 Februari 2021).
Isman, M., & Agussani, A. (2020). [HAKI] Tradisi Lisan Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Pererta Didik Pada Era Digital. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.
Khairil, K., Siregar, F. S., & Suprayetno, E. (2020). Budaya Literasi Anak Melalui Cerita Rakyat Sumatera Utara Di Kampung Nelayan Seberang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 52-60.
Leech, G. 1993. Prinsip-Prinsip Pragmatik. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press).
Purwanti, M. A, dkk. 2017. Prinsip Kesantunan pada Talkshow Rumpi (No Secret) di TRANS TV. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 6, No. 1.
Putrayasa, I. B. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Rahardi, Kunjana, dkk. 2016. Pragmatik: Fenomena Ketidaksantunan Berbahasa. Jakarta: Erlangga.
Samsuyurnita, S., & Butar-butar, C. (2018). ANALISIS MAKNA RAGAM BAHASA REGISTER MAHASISWA SEBAGAI MODEL PELACAKAN FENOMENA PERILAKU SOSIAL. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Siregar, F. S., & Aztry, A. (2018). STUDI KOMPARASI BAHASA MELAYU DELI DENGAN BAHASA INGGRIS PADA TINDAK TUTUR ILOKUTIF KOMUNIKASI UJARAN BERBASA-BASI. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumekar, R. R. 2018. Kesantunan Berbahasa pada Acara Talkshow Mata Najwa di Metro TV. Jurnal Logat. Vol 5, No.1.
Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.
Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Winarti, W., Febriyana, M., & Rahayu, E. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Audiovisual Dan Nonaudiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 61-67.
Winarti, W., & Izar, S. L. (2020). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA KULIAH MENGIDENTIFIKASI JENIS-JENIS PUISI DARI HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU. Bahterasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 1-6.
Winarti, W., & AZTRY, A. (2018). Penanaman Konsep Ilmu Keguruan Dan Pembentukan Karakter Calon Guru Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Berbasis Rumpun Model Sosial. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).
Yuni, Q. F. 2013. Kesantunan Berbahasa dalam Mata Najwa (Tinjauan Pragmatik). NOSI, 706.
Yule, G. 2016. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah [JIMAWA]
Universitas Muhammadiyah Sumatera UtaraKampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License