Analisis Media Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2020/2021

Winda Puspita Sari Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Media Pembelajaran Daring dapat meningkatkan Minat Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 SMK Negeri 1 Rantau Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Adapun populasi dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK 2 di Sekolah SMK Negeri 1 Rantau Utara sebanyak 36 siswa. Siswa melakukan pembelajaran daring dan interaksi dengan guru menggunakan media pembelajaran berupa aplikasi WhatsApp Group. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas Instrumen (Angket) dan Uji Reliabilitas Instrumen (Angket). Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian bahwasanya Media Pembelajaran WhatsApp Group dapat Meningkatkan Minat Belajar Siswa berkategori tinggi dengan nilai bobot 39,14% karena mayoritas responden menjawab setuju pada pernyataan angket variabel minat belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa dapat diketahui nilai koefisien reliabilitas (Cronbach’s Alpha) untuk variabel Media WhatsApp Group 0,767 > 0,600 dan untuk variabel minat belajar 0,781 > 0,600. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa seluruh variabel adalah Reliabel.


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., Batubara, I. H., & Harahap, T. H. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Investigasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2), 200-206.

Agustina, A., & Harahap, T. H. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OP DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2).

Amirullah. (2015). Populasi dan sampel. In Metode Penelitian Manajemen (pp. 1– 14).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2017). Pelabelan Graceful dan Pelabelan Rho Topi Pada Graf 8-Bintang dengan C3 untuk n Genap. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2).

Amri, Z., & Harahap, T. H. (2018). PELABELAN GRACEFUL, SKOLEM GRACEFUL DAN PELABELAN RHO TOPI PADA GRAF 8 BINTANG. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Amri, Z., Harahap, T. H., & Irvan, I. (2019). GRACEFUL LABEING AND RHO TOPI LABELING ON THE 8-BINTANG GRAPH WITH C3 FOR N ODD. ZERO: Jurnal Sains, Matematika dan Terapan, 2(1), 1-7.

Apriyono Ari, T. A. (2013). Analisis Overreaction Pada Saham Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia (Bei) Periode 2005-2009. Jurnal Nomina, Ii(Ii), 76–96.

Halamon, T. (2019). PENERAPAN MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) UNTUK MENINGKATKANN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 57 MODERN TP 2017/2018. Jurnal Dimensi Matematika, 2(02), 118-124.

halomoan Harahap, T. (2017). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC, 1(2), 152-161.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Harahap, T. H. (2013). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Harahap, T. H. (2013). PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Harahap, T. H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 31-39.

Harahap, T. H.(2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP NURHASANAH MEDAN TA 2012/2013. Jurnal EduTech, 1(1).

Harahap, T. H., & Irvan, I. (2018). GRACEFUL LABELING AND ˆ LABELING ON THE 8-BINTANG GRAPH. Bulletin of Mathematics, 10(02), 111-119.

Harahap, T. H., & Khairunnisa, K. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Muhammadiyah 1 Medan TP 2018/2019. JURNAL PDS UNP, 1(1), 271-278.

Harahap, T. H., & Manurung, A. A. (2019). The Influence of Three Stage Fishbowl Decision Learning Method On Mathematical Learning Ability.

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2015). Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Refresentasi Matematika Siswa. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(01).

Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED METHEMATICS PROJECT (CMP). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.

Harahap, T. H., Mintasrihardi, M., Darmansyah, D., Saddam, S., Pardiyoño, R., & Abdurrahman, A. (2021). Berapa Seharusnya Jumlah Wisatawan Tahun 2020 di Jawa Timur?: Sebuah Analisis Menggunakan Metode ANN Back Propagation. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 4(1), 11-19.

Harahap, T. H., Muslihuddin, R., & Afifah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(2).

Hidayatullah, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Mts Yasrib Batu-Batu Pada Masa Covid-19. Pi:Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9.

Lestari, L. F., & Setiawan, D. (2021). Dampak Pembelajaran Online Berbasis Aplikasi Whatsapp Group Dan Google Classroom Terhadap Motivasi Belajar Di Sdn Brati 02. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1151–1157.

Marleni, L., Sari, N., & Asilestari, P. (2021). Pemanfaatan Whatsapp dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid 19 Di MTS Al-Hutsaimin. Journal of Human and Education, 1(2), 23–27.

Nasution, H. F. (2015). Instrumen Penelitian Dan Urgensinya Dalam Penelitian.

Nasution, M. D. (2020). [HAKI] Mathematical Concepts in “Desa Na Ualu” Batak Toba Tribe. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Nurrita Teni. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. 03(01), 171–187.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., Nasution, E., Nasution, M. D., & Harahap, T. H. (2020, October). Mathematical Concepts in “Desa Na Ualu” Batak Toba Tribe. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 151-157).

Pujihastuti, I. (2010). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis Dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43–56.

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Raya, K. P., Pembelajaran, M., & Sosial, M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran ( WhatsApp Group As Learning Media ). 10, 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. 17(33), 81–95.

Sarwono Jonathan. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif dan kualitatif (2nd ed.). Hak cipta.

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., Listiawati, M., Biologi, P. P., Gunung, S., & Bandung, D. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Masa Wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. 1–16.

Widi, R. (2011). Uji Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic, 8(1), 27–34.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–

Yosa, N. A., & Halomoan, T. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Pair Checks (PC) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License