Penerapan Model Pembelajaran Student Generated Questions Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Pada Materi Peluang Kelas VIII Smp Negeri 1 Padang Tualang T.A 2020/2021

Mia Ayudyanthi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui adakah peningkatkan kemampuan komunikasi matematika melalui model pembelajaran Student Generated Questions pada siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Padang Tualang tahun 2020/2021. Penelitian ini berjenis penelitian tindakan kelas. Guru matematika dan peneliti sebagai subjek pemberi tindakan kelas. Sedangkan objek penelitian penerima tindakan kelas adalah 32 siswa kelas VIII-A SMP Negeri 1 Padang Tualang semester genap tahun 2020/2021. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan berlangsung secara bersamaan yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh kemampuan komunikasi matematika: (1) Kemampuan membuat pertanyaan matematika secara tertulis siklus I 60% dan siklus II 78%, (2) kemampuan meneyelesiakan permasalahan matematika secara tertulis siklus I 51% dan siklus II 64%, (3) kemampuan mempresentasikan hasil diskusi siklus I 51% dan siklus II 68%. Terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui penerapan model pembelajaran Student Generated Questions.


Full Text:

PDF

References


Artha, D. J., Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Usaha Quilling Paper Bagi Guru Dalam Rangka Meningkatkan Sumber Daya Manusia Unggul Dan Kreatif. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 15-20.

Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad. 1996. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Darkasyi,M, dkk.2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis danMotivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1(1).Hal 21-34.

Dwijowijoto, Ryant Nugroho. 2003.Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Fachrurazi.2011. Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk MeningkatkanKemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi matemtais Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Edisi Khusus No. 1. ISSN 1412-565X. hal 76-89(Online).

Fatmawarni, F., & Haryani, P. P. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Analisa Ratio Keuangan Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMSU. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 1(1), 24-47.

Foster, Colin. 2011. Student-Generated Questions in Mathematics Teaching.

Hariani, P. P. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 9(2), 117-140.

Hariani, P. P., & Sihotang, I. M. (2021). Excel Mempermudah Penyusunan Laporan Keuangan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 50-57.

Hariani, P. P., & Siregar, A. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 14-25.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Journal of Mathematics Teacher.Vol 105(1). Hal 26-31

Mahmudi,Ali. 2009. Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal MIPMIPA UNHALU. Vol 8(1). Hal 1-9

Mariati, M., & Saehu, U. A. (2021). Character-Oriented Development of Accounting Teaching Materials and Higher Order Thinking Skills (HOTS). Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 391-403.

Mariati, M., Saehu, U. A., & Hani, S. (2021). Content Analysis of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in the E-Module of Lecturers at Muhammadiyah University of North Sumatra. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 12090-12102.

Ramellan,Purnama, dkk. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis danPembelajaran Interaktif.Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1(1).Hal. 77-82

Remaja Rosdakarya

Sihotang, I. M., & Hariani, P. P. (2021). Implementation of Lesson Study Based Accounting Learning with Student Facilitator and Explaining Learning Model. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal) Vol, 4(1), 153-159.

Silberman, Mel. 2009. Active Learning. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri Sukendar, Endra. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik

Sitompul, D. N., & Hariani, P. P. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Menggunakan Aplikasi Accurate Untuk Guru-Guru SMK Di Kota Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(1), 7-12.

Situmorang, H. F. (2017). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 10(2), 151-163

Situmorang, H. F. (2019). PERAN MAHASISWA DALAM MENERAPKAN KOMUNIKASI INTERPESONAL DI PERKULIAHAN. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 2(2), 146-161.

Situmorang, H. F. (2020). The Basic and Middle Education Concept as A Step of Students in Planting Value Establishment since Early. Britain International of Linguistics Arts and Education (BIoLAE) Journal, 2(2), 705-712.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga Wiriaatmadja, Rochiati. 2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:

Van Meter dan Van Horn dalam Wahab, 2006:65. Analisis Kebijakan Publik.

Yu, F. Y dan Pan, K. J. 2014.The Effects of Student Question-Generation withOnline Prompts on Learning.Educational Technology & Society. Vol 17 Hal 267–279

Yu, F. Y dan Wu C. P. 2012. Student Questions-Generation: The Learning ProcessesInvolved and Their Relationships with Students’ Perceived Value. Journal ofResearch in Education Sciences.Vol 57(4). Hal 135-162

Zaini, Hisyam, dkk, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: CTSD (Center for Teaching Staff Development), 2006

Zaini. Muhammad. 2009. Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras,.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License