Efek Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Kepuasan Belajar Mahasiswa

Rika Sriwahyu Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara detail bagaimana pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi belajar terhadap kepuasan  belajar mahasiswa FKIP prodi akuntansi.Penelitian ini dilakukan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utaradengan melibatkan 113 mahasiswa semester II, IV, VI dan VIII pada program studi Pendidikan akuntansi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan wawancara. Angket dibuat dalam google form agar mudah diakses oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pembelajaran jarak jauh terhadap kepuasan belajar mahasiswa dapat dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel Pembelajaran Jarak Jauh (X1) terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (Y) sebesar thitung 2,856 > ttabel 1,995 (sig 0,016),“dimana signifikan t lebih kecil dari a = 0,05 dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap”kepuasan belajar mahasiswahal ini dilihat dari hasil signifikan t pengaruh variabel Motivasi”Belajar (X2)“terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa (y) thitung 4.051 > ttabel 1,995 (sig 0,000), dimana signifikan t lebih kecil dari a = 0,05”. Kemudian ada pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dan Motivasi Belajar terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa, hal ini dikarenakan  Nilai F pada tabel adalah 14,126 > Ftabel 2,72“dengan sig 0,000 < a0,05,  menunjukan Hoditolak dan Ha diterima.”Sehingga kesimpulannya adalah ada Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan belajar Mahasiswa FKIP prodi akuntansi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.


Full Text:

PDF

References


Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Produktivitas Tanaman Ubi Kayu Melalui Teknik Budidaya Dan Penerapan Model Penyuluhan Kelompok Tani Terbatas Di Desa Baru Titi Besi. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1-5.

Amrizal, D., & Yusriati, Y. (2021, February). THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING FOR ISLAMIC-BASED HIGHER EDUCATION TOWARDS A NEW NORMAL ERA IN KOTA MEDAN. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 2, No. 1, pp. 876-881).

Annisa, A. N. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa di Sekolah. Al-Ittizaan": Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2), 1. https://doi.org/10.24014/0.8710124"

Ansela. (2017). Pengaruh gaya dan motivasi terhadap hasil belajar marketing kelas x pemasaran smk immanuel.

Azis, Z., Panggabean, S., & Sumardi, H. (2021). EFEKTIVITAS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 PAHAE JAE. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 19-24.

Azis, Z., Panggabean, S., Dachi, S. W., Apriyanto, M., & Utami, R. R. (2021, November). Farmer exchange rate category: A Prediction analysis using ANN back propagation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 926, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.

Basoeky, U., Panggabean, S., Manu, G. A., Wardhana, A., Hoeronis, I., Adnan, Y., & Sudirman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia.

Dahnial, I. (2021). The Effect of Online Learning Based On Socio Scientific Issues (SSi) On Improving Learning Independence and Critical Thinking Students Faculty of Education and Education Science Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara in The Pandemic Covid-19. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 7(1), 145-152.

Dalimunthe, A. H., Chanra, A., & Yusriati, Y. (2018). MODEL PENANGGULANGAN GOLONGAN PUTIH (GOLPUT) BERDASARKAN PERUBAHAN PRILAKU PEMILIH PADA PILKADA SERENTAK. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Dongoran, Faisal Rahman., Syah, Dedy Husrizal., Marniati, M., Hubur, AA., &Susilawati, Samsul. (2020) Factors Influencing Learning Motivation in the Learning Process. Journal of Critical Reviews, 7 (17), 506-511. doi:10.31838/jcr.07.17.70.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Hakim, M., & Mulyapradana, A. (2020). Pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik covid-19. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), 154-160.

Halomoan, T., & Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Classwide Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 95-98).

Jayul, A., & Irwanto, E. (2020).Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190-199

Kharil, K., & Yusriati, Y. (2018). PENGEMBANGAN MODEL ANALISIS LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GRAMATIKA SISWA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Kholifah, N., & Akhlak, F. K. (2020).Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Semangat Belajar Mahasiswi Semester III Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Jurnal Qiroah, 10(2), 82-97.

Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala, L., Arifin, M., Hidayat, F. P., IKom, M., ... & Lesmana, G. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan (Vol. 1). umsu press.

Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36-42.

Maryanti, I., & Panggabean, S. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP HARAPAN MEDAN. Nabla Dewantara, 3(1), 56-62.

Nasrah, A. M. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(oktober), 207–213.

Nasution, I. S., & Panggabean, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN. Nabla Dewantara, 3(1), 42-55.

Panggabean, S. (2018). Pengaruh Metode Belajar Kumon Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Laks. Martadinata Medan. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 37-41.

Panggabean, S. (2019). HUBUNGAN BERPIKIR KREATIF DAN SOFTSKILL TERHADAP PRESTASI BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UMSU. Numeracy, 6(1), 64-75.

Panggabean, S., & Halomoan, T. (2018). Pengaruh media e-learning berbasis youtube terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah analisis real prodi pendidikan matematika FKIP UMSU. In Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan (pp. 25-30).

Panggabean, S., & Harahap, T. H. (2020). STUDI PENERAPAN MEDIA KUIS INTERAKTIF QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 6(1), 78-83.

Panggabean, S., & Sumardi, H. (2018). Pengaruh Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Pertiwi Medan. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 89-96.

Panggabean, S., Nasution, E., & Batubara, I. H. (2020). PKM Pelatihan Massive Online Open Course (Mooc) Berbasis Quizizz Bagi Guru Smp Dan Sma Satu Nusa Yayasan Abdurrahman Ayun Binjai. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 238-247.

Panggabean, S., Sihombing, P. R., Dewi, K. H. S., Pramartha, I. N. B., Junaidy, J., & Syaharuddin, S. (2021). Simulasi Exponential Moving Avarage dan Single Exponential Smoothing: Sebuah Perbandingan Akurasi Metode Peramalan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 4(1), 1-10.

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., Chamidah, D., ... & Cecep, H. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Purwasih, R., Mandailina, V., Negara, H. R. P., Panggabean, S., Maya, R., Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2021). INTRODUCTION OF DELPHI MATH SOFTWARE AS A PROBLEM MAKING TOOL FOR TEACHERS AND STUDENTS OF PROSPECTIVE MATH TEACHERS. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 844-851.

Putri, L. A., & Panggabean, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Treffinger Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Istiqlal Deli Tua. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(1).

Rakhmawati, D. (2018). Teams Games Tournament (Tgt): Improve Motivation of Studying Social Study Elementary School Students. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 17. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.26278

Rustami, N. A., Nuraedi, & Kurniatun, T. C. "(2016). Pengaruh Kualitas Jasa" Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal ADPEND Tata Kelola Pendidikan, 1(1), 44. http://ejournal.upi.edu/index.php/jurnaladpend/article/view/3254

Sari, R. P., & Dahnial, I. (2021). Competence Analysis of Students on The Soul of Nationalism in the Era Of the Industrial Revolution 4.0 in Harapan Mulia Private Elementary School. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 2(2), 31-44.

Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Sunarti, S., & Mitrohardjono, M. (2021).Analisis Dampak Pandemik Covid 19 Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Pada Dunia Pendidikan Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 47-56

Yusuf, M. (2017). Pengaruh Kompetensi, Tekanan Ketatan dan Kompleksitas Terhadap AUDIT JUTDGMENT. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 13(01), 167–185.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License