Peningkatan Modul Matematika Berbasis Levidio Animatoon Pada Materi Trigonometri

Ega Syah Handoyo

Abstract


Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan oleh guru pada proses pembelajaran belum menanamankan minat belajar siswa sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi matematika dan belum ada bahan ajar matematika yang menarik dan interaktif untuk mendapatkan respon positif siswa dalam menerima pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis Levidio Animatoon yang layak digunakan. Metode yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode pengembangan perangkat four-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define atau pendefinisian; design atau perancangan; develop atau pengembangan; dan disseminate atau penyebaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) berupa skala Likert untuk mengetahui kelayakan media yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian adalah media berupa bahan ajar matematika berbasis Levidio Animatoon yang layak digunakan. Kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan dari ahli materi dan ahli media adalah valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai rata-rata 94% dengan kriteria “Baik Sekali” sedang kan hasil dari ahli media diperoleh nilai rata-rata sebesar 99% dengan kriteria “Baik Sekali” berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media menyatakan bahwasanya pengembangan bahan ajar berbasis Levidio Animatoon layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Abrori, F.M. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Lesson Study. Model Think Pair Share Berbantuan Media Komik Protista Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Borneo Journal of Biology Education.

Ammy, P. M. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan pembelajaran langsung (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ammy, P. M. (2013). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan komunikasi matematik antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write dengan pembelajaran langsung (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ammy, P. M. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa menggunakan video pembelajaran sebagai alternatif pembelajaran jarak jauh (PJJ). Jurnal Mathematic Paedagogic, 5(1), 27-35.

Ammy, P. M. (2021). Approach in Improving Student's Mathematical Understanding Abilities. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 5(2), 463-469.

Ammy, P. M. (2021). Pengaruh Strategi Pembelajaran Information Search terhadap Kemampuan Pemahaman Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3242-3249.

Ammy, P. M. (2021, June). Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 Dalam Pembelajaran Matematika Materi Himpunan. In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 644-651).

Ammy, P. M., & Batubara, I. H. (2018). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 3(2), 175-184.

Amri, Sofyan dan Ahmad, Lif Khoiru. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Sebuah Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

ash-Shiddiey, Tengku Muhammad Hasbi. 2003. Tafsir Al-Qur’anul Majid An- Nuur jilid 5. Semarang: PT Pustaka Rizki Putra.

Azis, Z., Panggabean, S., Dachi, S. W., Apriyanto, M., & Utami, R. R. (2021, November). Farmer exchange rate category: A Prediction analysis using ANN back propagation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 926, No. 1, p. 012002). IOP Publishing.

Basoeky, U., Panggabean, S., Manu, G. A., Wardhana, A., Hoeronis, I., Adnan, Y., & Sudirman, A. (2021). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Berbagai Aspek Kehidupan Masyarakat. Media Sains Indonesia.

Batubara, I. H., & Ammy, P. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 43-53.

Daryanto, Aris Dwicahyo. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, Rpp, Phb, Bahan Ajar). Yogyakarta: gava Media, 2014.

Depdiknas. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Pengembangan Model Pembelajaran Yang Efektif, direktorat jendral manajemen pendidikan dasar dan menengah.

Depdiknas. 2009. Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan.

DPR RI. (2014). UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Referensi ELSAM [Internet]. [diunduh 2020 Maret 19]. Tersedia pada: http://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang- sistem-pendidikan-nasional/.

Husai, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. volume 2 Nomor 2. halaman 184-192.

Instrumen Lokakarya Program PPGLPTK FKIP Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala, L., Arifin, M., Hidayat, F. P., IKom, M., ... & Lesmana, G. (2021). Inovasi Pembelajaran di Masa Merdeka BelajarKampus Merdeka (New Normal); Antara Peluang dan Tantangan (Vol. 1). umsu press.

Maisaroh & Rostrieningsih, (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaraan Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaraan Keterampilan Dasar Komunikasi di SMK Negeri 1 Bogor. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Volume 8 Nomor 2. Halaman 157-170.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, I. S., & Panggabean, S. (2018). MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDAN. Nabla Dewantara, 3(1), 42-55.

Novauli, F. (2015). Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Volume 3Nomor 1. Halaman 45- 57.

Panggabean, S., Nasution, E., Nasution, M. D., & Harahap, T. H. (2020, October). Mathematical Concepts in “Desa Na Ualu” Batak Toba Tribe. In Proceeding International Conference on Language and Literature (IC2LC) (pp. 151-157).

Panggabean, S., Sihombing, P. R., Dewi, K. H. S., Pramartha, I. N. B., Junaidy, J., & Syaharuddin, S. (2021). Simulasi Exponential Moving Avarage dan Single Exponential Smoothing: Sebuah Perbandingan Akurasi Metode Peramalan. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 4(1), 1-10.

Panjaitan, A. C., & Panggabean, S. (2020). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) MENGGUNAKAN PEMECAHAN SOAL BERKONTEKS CERITA RAKYAT SUMUT DI KELAS V SD. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 8-17.

Pembelajaraan. Yogyakarta: Atma Jaya.

Purwasih, R., Mandailina, V., Negara, H. R. P., Panggabean, S., Maya, R., Syaharuddin, S., & Ibrahim, M. (2021). INTRODUCTION OF DELPHI MATH SOFTWARE AS A PROBLEM MAKING TOOL FOR TEACHERS AND STUDENTS OF PROSPECTIVE MATH TEACHERS. JCES (Journal of Character Education Society), 4(4), 844-851.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development (Penelitian dan Pengembangan : suatu pengantar). Jakarta.

Sanaky. (2011). Media Pembelajaraan. Yogyakarta. Kaukaba Dipantara. Sugiyono, P. D. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian dan Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumardi, H., Afnaria, A., & Panggabean, S. (2021). Pengembangan Algoritma Prim untuk Menentukan Minimum Spanning Forest. MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 54-61.

Sumini, Th. (2017). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru.

Suryaningsih, E. (2017). Pengaruh Media Animasi dan Simulasi Serta Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMAN 25 Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan. Volume 18, Nomor 1. Halaman 1-15.

Syaharuddin, Negara, H. R. P., Ibrahim, M., Ahmad, Zulfikri, M., Primajati, G., ... & Septyanun, N. (2021, February). Modify alpha value of EMA method and brown method: A data forecasting comparison of COVID-19. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2329, No. 1, p. 060016). AIP Publishing LLC.

Ulfa, M., & Panggabean, S. (2020). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CRH (COURSE REVIEW HORAY) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA. Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License