Peran Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara Covid 19 Di desa suka makmur Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil

Syafriadi S

Abstract


Dari berbagai dampak yang ditimbulkan atas pandemi Covid 19 membuat pemerintah mengambil beberapa langkah kebijakan dan peraturan yang dimana hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Beberapa kebijakn yang ditempuh yakni kebijakan NPI (Nonpharmaceutical Interventions), seperti lockdown, social dictancing, menutup sekolah/universitas, membatalkan berbagai event, dan lain-lain.Dalam melakukan pencegahan dan penyebaran Covid-19 sangatlah dibutuhkan peran-peran dari pemerintah, swasta, maupun Masyarakat yang diharapkan dengan Kerjasama antara para stakeholders tersebut dapat menciptakan kekuatan yang Tangguh guna memerangi virus yang telah menjadi masalah global yakni virus covid-19. Kampung Tangguh Nusanatara adalah pilot project koloboratif dengan stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau pun keluruiahan. Fokus Utama dari Kampung Tangguh Nusantara adalah tangguh pada bidang kesehatan jasmani dan rohani, sosial ekonomi, keamanan, serta informasi dan kreativitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetauhi peran pemerintah Desa dalam mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara Covid 19 di Desa Suka Makmur Kecamatan Gunung Meriah Kabupaten Aceh Singkil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitaif derskriptif yakni terkait laporan penelitian akan berisi kutipan-kutipan data untuk memberikan gambaran penyajian laporan tersebut. Data tersebut dapat berasal dari nasakah wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, dan dokumen resmi lainnya.HasilpenelitianDi Desa Suka Makmur terkait Peran Pemerintah Desa Dalam Mewujudkan Kampung Tangguh Nusantara Covid 19 sudah cukup baik, hal ini dapat di lihat dengan terlaksananya program-program kampung tangguh, pasrtispasi yang di berikan baik apartur desa maupun masyarakat sudah cukup baik.Mendirikan kampung tangguh sebenarnya bukan  seperti  membangun  bangunan baru mulai dari perencanaan hingga pembangunan betul-betul mendirikan baru, tetapi merupakan proses restrukturasi sistem  yang  tela ada di kampung.KaderPKKdan dasa wisma sebagai missal dapat ditambah  ketrampilannya dalam pengelolaan  lumbung  pangan  sehingga  menyokong instalasi  lumbung  pangan kampung(LPK).

Full Text:

PDF

References


Sugiyono,2007Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D. Bandung Alfabeta.

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Alparisi, S. (2020). Permasalahan Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Astuti, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran iNews TV Sumut dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa (Doctoral dissertation).

Ekasari, Y., & Augus, E. (2020). Peranan Rumah Sakit Jiwa Mahoni Dalam Mengembalikan Keberfungsian Sosial Eks Orang Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 44-57.

IRSYAD, M. (2020). PERAN UNIT PELAYANAN TEKNIS PELAYANAN SOSIAL TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA TEBING TINGGI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA KECAMATAN PADANG HILIR (Doctoral dissertation, UMSU).

Jalil, I. A., & Tanjung, Y. (2020). Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 58-70.

Lubis, H. M., & Saleh, A. (2020). Pekerja Anak Sebagai Buruh Batu Bata di Kelurahan Silandit Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 29-43

Marpaung, P. Y. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan (Doctoral dissertation).

MEDAN, B. K., & SUPRATMAN, J. S. EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KELURAHAN BELAWAN II KECAMATAN MEDAN.

Mujahiddin, M., & Harahap, M. S. (2017). Model penggunaan media sosial di kalangan pemuda. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 142-155.

Rahman, M. P. (2018). Respon Keluarga Terhadap Program Credit Union Pusat Kajian Perlindungan Anak di Desa Klambir V Tanjung Gusta Deli Serdang (Doctoral dissertation).

Rizky, R. (2018). “Analisis Implementasi Program Bantuan Sosial Rehab Rumah Tidak Layak Terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation).

Rizky, R. (2018). “Analisis Implementasi Program Bantuan Sosial Rehab Rumah Tidak Layak Terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation).

Sufi, D. K., & Mujahiddin, M. (2020). Peranan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kabupaten Aceh Singkil dalam Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 1-16.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105.

Saleh, A. (2021). [Prosiding] Seminar Internasional di UPSI Malaysia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Saleh, A. (2021). [TURNITIN] Development of Banking CSR Model for Community Empowerment Slum Area in Medan City. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Siregar, Y. H. (2018). Kontribusi Petani Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Sariburaja Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir (Doctoral dissertation).

Yusri, M. (2020). [HAKI] ANALISIS DESKRIPTIF PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (PEL) DAN KAITANNYA DENGAN PENGEMBANGAN WILAYAH. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Yusri, M. (2020). [HAKI] EUPHEMISME KONSEP ZAKAT DAN PEMBANGUNAN MANUSIA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Yusri, M. (2020). [HAKI] TRADISI MUDIK DAN IMPLIKASI PENGEMBANGAN DESA DIMASA. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen

Yusri, M. (2020). Analysis Concept And Indicator Proverty in Medan City. Indonesian Journal of Education, Social Sciences and Research (IJESSR), 1(1), 51-58

Yusri, M. (2020). [HAKI] Program Prioritization of Creative Industries Household Based in Realizing Sustainable. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

BNPB. (2012). “Perka BNPB No. 1 tahun 2012. Pedoman Desa Tangguh Bencana”.

Divisi Humas POLRI. (2020). Kapolda Jatim: Ada 1. 559 Kampung Tangguh Semeru di Jawa Timur.

Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa

Undang – Undang no 32 Tahun 2004, Tentang Pemerintah

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2015 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Pemerintah Desa

Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License