Penerapan Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Untuk Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021

Eko Kurniawan

Abstract


Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan,untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi prokrastinasi akademik siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021 yang ingin diatasi prokrastinasi akademiknya yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket. Hasil dalam penelitian adalah pada saat sebelum diberi layanan informasi pengentasan prokrastinasi akademik berkisar antara 30%. Pada layanan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa mengalami peningkatan sebesar 31%% sehingga menjadi ratarata 61%. Namun, pada pertemuan I pengentasan prokrastinasi akademik siswa belum berada pada kategori baik. Kemudian diterapkan layanan informasi II sebagai tindak lanjut dari hasil refleksi pertemuan I. Seluruh siswa yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan dalam mengentaskan prokrastinasi akademik sebesar 28% sehingga menjadi 89%. Jika dibandingkan dengan data sebelum diterapkan layanan informasi dan pada pertemuan I, pada pertemuan II Seluruh siswa telah berada pada kategori baik, dengan skornya mencapai 89%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Informasi Dengan Media Audio Visual Dapat Mengatasi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII di SMP Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak Tahun Ajaran 2020/2021. 

Full Text:

PDF

References


Arief S Sadiman, dkk. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad.2007.Media Pembelajaran. Jakarta .PT. Raja Grafindo Persada.

Deliati, D., & Muharmi, T. (2019). Implementasi Assertive Training untuk Meningkatkan Kecerdasaan Emosional Mahasiswa pada Mata Kuliah Psikologi Pendidikan. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 2(1), 1-13.

Deliati, D., Yusnandar, W., & Muslih, M. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menggunakan Pipa Paralon Sebagai Tempat Tanaman Hidrofonik Sayur-Mayur Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 66-78.

Dewa Ketut Sukardi.2008. Pengantar Pelaksanaan Progam Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka Cipta.

Fadhli, T., & Siregar, I. K. (2020). Solution Focused Brief Counseling Teknik Thought Stoping Untuk Mengatasi Kecamasan Diri Terhadap Isu Virus Corona-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(1), 1-9.

Febriyana, M., Amalia, N., & Deliati, D. (2018). The Management of School Libraries Muhammadiyah.

Ghufron Nur, & Risnawita Rini.2014.Teori-Teori Psikologi, Jogjakarta. Ar-Ruzz Media

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 3(2), 41-49.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F., & Jamila, J. (2021). Modul Bimbingan dan Konseling Untuk Mencegah Stres Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 4(1), 21-26.

Hasibuan, M. F. (2019). Pemanfaatan ICT sebagai media atau teknologi terhadap pelaku industri rumahan untuk memajukan usahanya melalui layanan bimbingan dan konseling. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(2), 72-77.

Impati, G., & Jamila, J. (2018). Pengaruh Strategi Everyone Is A Teacher Here terhadap Motivasi Belajar Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 12-16.

Jamila, J. (2019). Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Kolaboratif (Studi Pada Pengawas Smp Dinas Pendidikan Kota Medan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Lubis, H. Z., & Jamila, J. (2018). INOVASI PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI MODEL ADDIE PADA UNIVERSITAS SWASTA DI KOTA MEDAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Masitoh, dkk. 2006. Strategi Pembelajaran TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Minarni, S., & Nur, Z. (2018). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Siswa yang Klepto. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(1), 17-21.

Mochamad Nursalim.2018.Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling.Indeks. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005.Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta. Depdiknas

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., & Siregar, I. K. (2019). Motivational Achievement Relationship and Procrastination Academic. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(3), 105-108.

Putri, S. R., Mushlihuddin, R., Siregar, I. K., & Irvan, I. (2020). PKM Pelatihan Siaga Bencana Angkatan Muda Muhammadiyah di Kota Binjai. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 35-38.

Putri, S. R. (2018). PENGARUH PENERIMAAN OLEH TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP DAN SMA MUHAMMADIYAH SE-KOTA BINJAI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 105-111.

Prayitno dan Erman Amti. 2009. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta. Rineka Cipta

Prayitno. 2017. Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada.

Sari, A. W., Deliati, D., & Tuss’adiah, H. (2020). Vocab Bagi Ibu Warga Pkk Di Kecamatan Binjai Utara. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 59-65.

Siregar, I. K. (2018). Kecerdasan Emosional Dan Hasil Belajar Siswa. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Siregar, I. K. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(3), 97-104.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sujiono,Bambang Dan Yuliani Nurani Sujiono .2005. Menu Pembelajaran Anak. Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Tohirin. 2017. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta. PT. Rajagrafindo Persada.

Undang-Undang No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Wastuti, S. N. Y. (2018). Efikasi Diri terhadap Kinerja Karyawan PDAM Tirtanadi Unit Instalasi Pengolahan Air Sunggal. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 1(2), 35-42.

Wastuti, S. N. Y., & Haryati, F. (2019). PENGARUH SELF-EFFICACY DAN COPING TERHADAP PERILAKU ASSERTIF MAHASISWA. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan, 2(1), 54-60.

Yusnandar, W., Deliati, D., & Jufrizen, J. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JIMAWA: Jurnal Ilmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License