Kapasitas Supremasi Demokratis Kepala Desa Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Pegajahan Serdang Bedagai

Chintia Pramai Shella

Abstract


Kepemimpinan dalam proses pemberdayaan masyarakat desa adalah salah satu kewenangan Kepala Desa dalam kaitannya dengan pembagian urusan pemerintah No.38 Tahun 2007 pasal 2 ayat 3 yaitu pemberdayaan masyarakat dan desa. Peran kepemimpinan demokratis Kepala Desa dalam memberdayakan masyarakat desa sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang lebih mandiri dan lebih berdaya untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa yang dipimpin. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Kapasitas Kepemimpinan Demokratis Kepala Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Pegajahan Serdang Bedagai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas kepemimpinan demokratis kepala desa dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Pegajahan Serdang Bedagai Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan keadaan subjek dan objek, baik seorang, lembaga, masyarakat, dan lain sebagainya serta didasarkan atas hasil observasi yang dilakukan serta memberikan argumentasi terhadap apa yang ditemukan dilapangan dan dihubungkan dengan konsep teori yang relevan. Kemudian hasil wawancara yang dikumpulkan dari beberapa narasumber untuk mendeskripsikan bagaimana pemberdayaan masyarakat yang dilakukan dengan kepemimpinan demokratis Kepala Desa di Desa Pegajahan Serdang Bedagai melalui wawancara terbuka dengan Kepala Desa dan masyarakat. Narasumber dari penelitian sebanyak 5 orang antara lain Kepala Desa, Kepala Urusan Umum (KAUR Umum), dan 3 orang dari pihak masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kapasitas kepemimpinan demokratis Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Pegajahan Serdang Bedagai belum maksimal. Hal ini dapat dilihat, dengan kepemimpinan demokratis Kepala Desa belum mampu mengajak semua masyarakat Desa Pegajahan untuk berpartisipasi ikut serta dalam program pemberdayaan yang diselenggarakan.

Full Text:

PDF

References


Alparisi, S. (2020). Permasalahan Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

ANJANI, R. W. FUNGSI PENGAWASAN MAJELIS ADAT ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN ADAT ISTIADAT (ADAT PERKAWINAN) DI ACEH TAMIANG

ANJANI, R. W. FUNGSI PENGAWASAN MAJELIS ADAT ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN ADAT ISTIADAT (ADAT PERKAWINAN) DI ACEH TAMIANG.

Ekasari, Y., & Augus, E. (2020). Peranan Rumah Sakit Jiwa Mahoni Dalam Mengembalikan Keberfungsian Sosial Eks Orang Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 44-57.

HERLIN, A. Implementasi Tugas Pokok Dan Fungsi Komisi E Dprd Sumut Terhadap Pembangunan Kesejahteraan Sosial Di Sumatera Utara.

IRSYAD, M. (2020). PERAN UNIT PELAYANAN TEKNIS PELAYANAN SOSIAL TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA TEBING TINGGI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA KECAMATAN PADANG HILIR (Doctoral dissertation, UMSU).

Jalil, I. A., & Tanjung, Y. (2020). Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 58-70.

JULIANA SARI, F. A. R. I. D. A. H. (2021). EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM ONLINE SINGLE SUBMISSION (OSS) DALAM RANGKA MENINGKATKAN PELAYANAN PERIZINAN USAHA PARIWISATA DI KOTA MEDAN (Doctoral dissertation, UMSU).

Marpaung, P. Y. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan (Doctoral dissertation).

MEDAN, B. K., & SUPRATMAN, J. S. EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI KELURAHAN BELAWAN II KECAMATAN MEDAN.

MEDAN, P. K. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG NOMOR 4 TAHUN 2015 TENTANG PROGRAM NASIONAL AGRARIA (PRONA) DALAM RANGKA PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR

Mujahiddin, M., & Harahap, M. S. (2017). Model penggunaan media sosial di kalangan pemuda. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 142-155.

Rahman, M. P. (2018). Respon Keluarga Terhadap Program Credit Union Pusat Kajian Perlindungan Anak di Desa Klambir V Tanjung Gusta Deli Serdang (Doctoral dissertation).

Rizky, R. (2018). “Analisis Implementasi Program Bantuan Sosial Rehab Rumah Tidak Layak Terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation).

Rizky, R. (2018). “Analisis Implementasi Program Bantuan Sosial Rehab Rumah Tidak Layak Terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation).

Siregar, Y. H. (2018). Kontribusi Petani Perempuan Terhadap Pendapatan Keluarga Di Desa Sariburaja Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir (Doctoral dissertation).

Sufi, D. K., & Mujahiddin, M. (2020). Peranan Panti Asuhan Putri Aisyiyah Kabupaten Aceh Singkil dalam Meningkatkan Kemandirian Anak. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 1-16.

Triadi, F. (2018). Implementasi Kebijakan Qanun Nomor 14 Tahun 2003 Tentang Khalwat (Mesum) Dalam Rangka Pengawasan Pelaksanaan Syaro’at Islam Di Badan Satuan Polisi Pamong Praja Dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Bener Meriah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

ZUHRA, A. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG RETRIBUSI IZIN USAHA PERIKANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGAWASAN IZIN USAHA PERIKANAN DI DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA MEDAN.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa [JIMAWA]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License