Analisis Isi Pesan Moral Pada Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Angga Dwimas Sasongko

Mohammad Suryanta

Abstract


Film merupakan salah satu produk dari media massa yang sangat diminati oleh banyak orang sehingga membuat film mempunyai tempat tersendiri bagi orang banyak. Film juga berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan pesan moral, salah satunya di latar belakangi oleh film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, film yang tentunya sangat menarik untuk dibahas karena terdapat pesan moral di dalamnya. Film ini bercerita tentang hubungan antara seorang ayah, ibu dan ketiga orang anak dalam sebuah keluarga, si sulung, si tengah dan si bungsu.Perubahan sikap Awan mendapat tekanan dari orang tuanya.Hal tersebut mendorong pemberontakan ketiga kakak beradik ini yang menyebabkan terungkapnya rahasia dan trauma besar dalam keluarga mereka. Dari film ini nantinya akan didapati bagaimana makna yang terkandung berupa pesan moral pada film NKCTHI ini. Sehingga akan diketahui isi serta pesan moral yang terdapat dalam film ini. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charles Sanders Pierce dengan representamen (Tanda, Objek dan Interpretant). Dimana kemudian dari metode ini akan menghasilkan makna yang terkandung dalam film ini. Sumber yang digunakan adalah soft copy dari film NKCTHI dan beberapa buku yang membahas tentang film. Peneliti hanya akan memaparkan makna dari hasil analisis antara komunikasi yang terjadi pada keluarga Narendra. Hasil dari penelitian menunjukkan pesan moral yang terdapat dalam film ini yaitu Tebarkan kasih sayang, Tanggung jawab yang utama, Jangan berbohong, Sopan santun terhadap semua dan Saling memaafkan.


Full Text:

PDF

References


Syam, Nina W., 2011. Psikologi Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. Lembaga Kajian Islam dan Sosial

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Prkatis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurdin, Hartati. 2019.Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia

Amini, N. R., Naimi, N., & Lubis, S. A. S. (2019).Implementasi Kurikulum Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam Meningkatkan Sikap Religiusitas Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 359-372.

Anshori, A. (2018). Pengaruh Iklan Politik Terhadap Persepsi Pemilih Kota Medan Tahun 2018. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 132-144.

Anshori, A. (2019). Opini Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Serentak Presiden Dan Legislatif Tahun 2019. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 142-156.

Anshori, A., & Adhani, A. (2019).Pengaruh Budaya dalam Pesan Politik Terhadap Perilaku Pemilih Kota Medan Pada Pemilu Tahun 2019.

Hardiyanto, S., & Romadhona, E. S. (2018).Remaja dan Perilaku Menyimpang. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 23-32.

Hardiyanto, S., & Pulungan, D. (2019).Komunikasi Efektif Sebagai Upaya Penanggulangan Bencana Alam di Kota Padangsidimpuan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 30-39.

Hardiyanto, S. (2017).Pengaruh employee relation Terhadap kepuasan komunikasi karyawan PDAM Tirtanadi cabang Sei Agul. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 43-49.

Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Hidayat, F. P. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Acara Islam Itu Indah Di Trans Tv (Studi Deskriptif Ibu-Ibu Perwiritan Lorong Pipa Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia).

Hardiyanto, S., Lubis, F. H., & Hidayat, F. P. (2020). Persepsi Masyarakat Terhadap Acara Islam Itu Indah Di Trans Tv (Studi Deskriptif Ibu-Ibu Perwiritan Lorong Pipa Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia).

Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021).Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41.

Hidayat, F. P. (2020). Aktualisasi Diri Mahasiswa di Dalam Media Sosial Instagram.

Lubis, S. A. S. (2019). Hadis Rasulullah Seputar Komunikasi Antarbudaya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 66-80.

Rudianto, R., & Anshori, A. (2021).Komunikasi Organisasi Antar Budaya di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 11-19.

Saleh, A. (2021). [Prosiding] Seminar Internasional di UPSI Malaysia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Thariq, M., & Anshori, A. (2017).Komunikasi adaptasi mahasiswa indekos. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 156-173.

Thariq, M. (2020).Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program “Student Exchange” Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).

Thariq, M. (2020).Pola Komunikasi Adaptasi Mahasiswa Asal Malaysia (Studi Pada Program “Student Exchange” Di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa [JIMAWA]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License