Rancangan Ukuran Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Tol Binjai - Langsa (Sta 0+500 – Sta 1+000) (Studi Kasus)

Pradana Bayu Putra

Abstract


Umumnya jenis perkerasan yang digunakan pada jalan tol di Indonesia adalah perkerasan kaku (rigid pavement), Termasuk di proyek jalan tol Binjai-Langsa zona 1 sta 0+500-sta 1+000. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui berapa tebal lapis perkerasan rigid pavement, daya dukung efektif tanah dasar, dan dimensi sambungan yang digunakan sesuai dengan jumlah kendaraan niaga yang lewat selama umur rencana. Perencanaan dilakukan dengan Manual Desain Perkerasan Jalan revisi 2017 dengan kombinasi dari Pd T-14-2003 dan diklat perkerasan kaku (PUPR) tentang konsep dasar konstruksi perkerasan kaku final (2017). Data yang digunakan untuk perhitungan menggunakan data lalu lintas harian rata-rata (LHR), nilai superelevasi, dan nilai CBR tanah dasar. Hasil dari analisa menyatakan bahwa tebal pelat beton sebesar 285 mm, beton kurus (LMC) sebesar 100 mm, lapis drainase 150 mm. Untuk daya dukung efektif tanah harus melakukan stabilisasi semen setebal 300mm, tinggi timbunan minimum 1920 mm dan 2410 mm. Terakhir untuk dimensi sambungan dowel memiliki diameter sebesar 36 mm dan panjang 450 mm, sedangkan diameter tie bars sebesar 16 mm dan panjang 700 mm.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, R., & Sudibyo, T. (2020).Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Lajur Pengganti pada Proyek Pembangunan JalanTol Jakarta-Cikampek II Elevated. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan, 5(1).

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Bela, A., Kristafi A, A., & Rahma, P. (2018).Analisa Tebal Perkerasan Kaku Pada Ruas Jalan Kalipare Donomulyo Sta 0+000-1+000 Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur.

Dary, R. W., Frapanti, S., & Utami, C. (2019). Evaluasi Kekakuan Batu Bata Lubuk Pakam Pada Bangunan Bertingkat Dengan Analisis Pushover. Portal: Jurnal Teknik Sipil, 11(2), 11-15.

Dosen, F. Z. J., & Dosen, M. Z. S. J. (2016). The Innovative Performance of Polymer Modified Cement Systems for Use in Infrastructure Applications. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 1(1).

F. Lukman, A., Triana, D., & M. Sari, M. (2017). Rancangan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Lingkar Selatan Kota Cilegon.Civtech, 1.

Faisal, A. (2019). Studi parametrik kinerja dinding pengisi bata merah pada struktur beton bertulang akibat beban gempa. KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 9(2).

Febriani, D. T. (2019).Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku Pada Tanah Lunak Di Jalan Antar Kota Menggunakan Metode Aashto Tahun 1993. Jurnal Civronlit Unbari.

Frapanti, S. (2018).Analisa Portal yang Memperhitungkan Kekakuan Dinding Bata dari Beberapa Negara Pada Bangunan Bertingkat Dengan Pushover. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Frapanti, S. (2018).Studi perhitungan kekakuan portal dinding bata pada bangunan bertingkat dari beberapa negara dengan pushover. Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil, 4(1 JUNI), 1-10.

Ghony .T. L, D., Suprapto, B., & Rachmawati, A. (2020). Studi Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) Pada Ruas Jalan Ngoro – Pekukuhan ( STA 3 +000 – 13 + 000 ) Kabupaten Mojokerto. Jurnal Rekayasa Sipil, 8(2).

Hadijah, I., & Harizalsyah, M. (2017). Perencanaan Jalan Dengan Perkerasan Kaku Menggunakan Metode Analisa Komponen Bina Marga (Studi Kasus : Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung). Tapak V, 6(2).

Hakim, L. (2018).Perencanaan Geometrik Dan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Jalan Kelompok Tani Melambang Kecamatan Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kementrian Pekerjaan Umum. (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan. Direktorat Jendral Bina Marga

Lusyana, Ali, S., & Putra, F. (2019). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Dengan Metoda Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003) dan Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Pada Ruas Jalan Padang - Bukittinggi, Batang Anai. 6th ACE Conference.

Mokhatar, S. N., Hadipramana, J., Isa, S. N. M., & Mustafa, M. M. (2016).The potential of artificial polyethylene coarse aggregate (APECA) on compressive strength of concrete after exposed by temperatures.In MATEC Web of Conferences (Vol. 47, p. 01005).EDP Sciences.

Putranto, Y., & Ridwansyah, A. (2016). Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Pada Ruas Jalan Tol Karanganyar – Solo

Rachardi, & Kurniawan, R. (2018).Analisis Tebal Perkerasan Jalan Rigid Di Kecamatan Sinar Peninjauan. Jurnal Deformasi, 3-2.

Rashidi, A., Majid, T. A., Fadzli, M. N., Faisal, A., & Noor, S. M. (2017, October). A Comprehensive Study on the Influence of Strength and Stiffness eccentricities to the On-plan Rotation of Asymmetric Structure. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1892, No. 1, p. 120013).AIP Publishing LLC.

Ridwan, A., & Romadhon, F. (2019). Analisis Perencanaan Perkerasan Kaku ( Rigid Pavement ) JalanPlosoklaten - Gedangsewu Kabupaten Kediri. Jurnal Aplikasi Pelayaran Dan Kepelabuhanan, 9(2), 1.

Rhini, W. D., & Sri, F. (2019, November). The flexural buckling comparison between open and close cross sections in high column structure. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 674, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.

Riza, F. V., Lubis, D. S., & Manurung, F. V. B. (2021). ANALISIS MEKANIS BETON BUSA DENGAN KOMBINASI SERAT SABUT KELAPA SERTA BAHAN TAMBAHAN ABU SEKAM PADI DAN SERBUK CANGKANG TELUR. PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Sri, F., & Rhini, W. D. (2019, November).Stiffness analysis comparison of masonry full infills frame and masonry open middle span frame using Lubuk Pakam Bricks with pushover analysis. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 674, No. 1, p. 012017). IOP Publishing.

Suganda, I., saputra, H., & Zulkarnain.(2018). Perencanaan Tebal Perkerasaan Kaku dengan Metode Manual Desain Perkerasaan 2017.Seminar Nasional Industri dan Teknologi (SNIT).

Zulkarnain, F. (2021). [BUKU] Pemindahan Tanah Mekanis dan Peralatan Konstruksi. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zulkarnain, F. (2021, August).Pengembangan dan Analisis Campuran Beton Mutu Tinggi untuk Struktur Dermaga di Indonesia.In Seminar Nasional Teknologi Edukasi Sosial dan Humaniora (Vol. 1, No. 1, pp. 54-58).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa [JIMAWA]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License