Desain Penyaring Tepung Untuk Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah (UKM)

Muhammad Andre

Abstract


Pada saat ini banyak perkembangan teknologi yang telah membantu manusia dalam memecahkan masalah yang kompleks, seperti pembuatan mesin press / mesin pengayak tepung untuk mempermudah cara kerja manusia untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat. Oleh karena itu, mesin pengayak tepung memerlukan suatu rancangan sistem operasionalnya agar proses kerja dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Disini perancangan mesin pengayak tepung dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pengayakan tepung. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang mesin pengayak tepung dan untuk mengetahui seberapa tebal pelat atau bahan yang digunakan mesin ini pada saat melakukan pekerjaan. Bagian-bagian mesin ayakan yang akan dirancang adalah, rangka bawah mesin ayakan tepung, ayakan bawah, ayakan atas, dudukan mesin, pegas tapak, pengikat antara ayakan atas dan bawah, penutup ayakan, pendulum/berat, dan corong utama dirancang dengan menggunakan software Solidwork 2014.Pada saat ini banyak perkembangan teknologi yang telah membantu manusia dalam memecahkan masalah yang kompleks, seperti pembuatan mesin press / mesin pengayak tepung untuk mempermudah cara kerja manusia untuk melakukan suatu pekerjaan yang berat. Oleh karena itu, mesin pengayak tepung memerlukan suatu rancangan sistem operasionalnya agar proses kerja dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Disini perancangan mesin pengayak tepung dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pengayakan tepung. Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang mesin pengayak tepung dan untuk mengetahui seberapa tebal pelat atau bahan yang digunakan mesin ini pada saat melakukan pekerjaan. Bagian-bagian mesin ayakan yang akan dirancang adalah, rangka bawah mesin ayakan tepung, ayakan bawah, ayakan atas, dudukan mesin, pegas tapak, pengikat antara ayakan atas dan bawah, penutup ayakan, pendulum/berat, dan corong utama dirancang dengan menggunakan software Solidwork 2014.

Full Text:

PDF

References


Affandi, A., Umurani, K., & Siregar, C. A. P. (2020). Perancangan Mesin Pengaduk Bumbu Kripik Ubi Untuk Peningkatan Produksi Industri Rumah TanggaDi Desa Sidodadi Ramunia Kecamatan Beringin. IHSAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 2(2), 123-128.

Hanjaya (2013) perancangan tentang special lifter with manual handling.

Wijaya (2013) perancangan konstruksi dan desain press dies C Reinforce dan Round Reinforce. Kulkarni (2013) pengembangan komponen sheet-metal dengan pembentukan die menggunakan software CAE untuk validasi dan perbaikandesain.

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. http://repo.polinpdg.ac.id/1997/1/Refisia_Sitari_ME.MR-D4.pdfhttp://kodok1999.blogspot.com/2015/11/pengertian-macam-klasifikasi-dan-cara.html Pengertian solidworks Arif... Http://arifsyamsudin.wordpress.com >Diakses pada 13 juli 2018.

Nasution, A. R., Affandi, A., & Fuadi, Z. (2020). Pengaruh Cairan Pendingin Terhadap Kekasaran Permukaan Benda Kerja Pada Proses Face Milling. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 3(1), 16-22.

Lawrence H. Van Vlack, (1980) Elements of materials cience and engineering.

Alfiyyah. 2016. “Tegangan, Regangan dan Modulus Elastisitas”. Melalui, http://fisikazone.com/tegangan-regangan-dan-modulus-elastisitas/ Diakses [02/07/16]

Harsokusoemo, Darmawan. (2000). Pengantar Perancangan Teknik Perancangan Produk. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.Bandung.

Kurniawan, Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. Tersedia [Online] http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ mengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/ Diakses tanggal 5 Juni 2010

Hafsah, M.J. 2004. Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). JurnalInfokop Nomor 25 Tahun XX.

Rahmatullah, R., Umurani, K., & Siregar, M. A. (2021). Pengembangan Lintasan Pahat Pada Pengefraisan “Umsu” Menggunakan Cnc Tu-3a. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 4(1), 8-15.

Siregar, A. M., Siregar, C. A., & Affandi, A. (2021). Pengenalan Sistem Kerja Dan Pemberian Mesin Pencacah Botol Plastik Untuk Menambah Penghasilan Panti Asuhan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 13-18.

Siregar, C. A., & Affandi, A. (2021). Perancangan Mesin Pembuat Pelet Untuk Kelompok Pemuda Berkarya Kecamatan Pahae Jae Guna Meningkatkan Produktifitas Ikan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 45-49.

Siregar, M. A., & Riawansyah, R. (2018). Simulasi Perpindahan Panas Pada Heater Injection Molding Menggunakan Software Solidworks. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 1(1), 39-46.

Suroso, B., & Prayogi, D. (2019). Pengaruh Kecepatan Putaran Spindle Dan Kedalaman Penggerindaan Terhadap Kekasaran Permukaan Material Baja St 37 Menggunakan Mesin Bubut Bergerinda. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 2(1), 24-33.

Syarbini, M.(2013) Referensi Komplet A-Z Bakery Fungsi Bahan, Proses Pembuatan Roti, Panduan Menjadi Bakepreneur (Cetak Ke-1). Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Tanjung, I., Affandi, A., Huzni, S., & Fonna, S. (2020). Investigasi pengaruh jumlah elemen anoda terhadap distribusi potensial korosi pada beton bertulang menggunakan BEM 3D. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 3(1), 57-64.

Umurani, K., Nasution, A. R., & Irwansyah, D. (2021). Perpindahan Panas Dan Penurunan Tekanan Pada Saluran Segiempat Dengan Rusuk V 90 Derajat. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 4(1), 37-46.

Umurani, K., Siregar, A. M., & Al-Amin, S. (2020). Pengaruh Jumlah Sudu Prototype Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Tipe Whirlpool Terhadap Kinerja. Jurnal Rekayasa Material, Manufaktur dan Energi, 3(2), 103-111.

Yani, M. (2017). Desain Helmet Sepeda Half Face Dengan CAD. Jurnal Teknovasi, 4(2): 62-68


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa [JIMAWA]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License