AfinitasPengguna Moda Transportasi Bus Trans Koetaradja Banda AcehKoridor 2b Pusat Kota-Ulee Lheue

Ricky Maryadi

Abstract


Trans Koetaradja adalah sebuah sistem transportasi bus di seputar Kota Banda Aceh, Indonesia. Trans Koetaradja merupakan salah satu bagian dari program penerapan (Bus Rapid Transit) yang dirancang Departemen Perhubungan. Kemunculan bus Trans Koetaradja merupakan sesuatu yang diharapkan mampu menjawab keperluan masyarakat akan perlunya transportasi umum yang aman dan nyaman. Dengan adanya angkutan bus Trans Koetaradja maka penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui ketertarikan penumpang terhadap adanya angkutan umum perkotaan (Trans Koetaradja), terhadap fasilitas yang ditawarkan, terhadap waktu tempuh dan waktu pengoperasian bus, terhadap halte berdasarkan indikator kemudahan dan ketertarikan dan untuk mengetahui bagian mana yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan penyebaran kuesioner kepada 100 responden. Kemudian dilakukan analisis lebih lanjut menggunakan SPSS versi 22 untuk mengetahui pengelompokkan dari jawaban responden dengan menggunakan analisis deskriptif dan frekuensi. Sebelumnya dilakukan analisis validitas dan reliabilitas untuk mengetahui syarat yang baik suatu kuesioner dan sejauh mana suatu alat pengukur dapat dipercaya. Untuk mengetahui bagian mana yang harus dipertahankan dan dikembangkan digunakan metode diagram kartesius (Importance Performance Analysis). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penumpang merasa setuju dengan kemudahan yang telah diberikan oleh pemerintah terhadap Trans Koetaradja, fasilitas bus dan halte tetapi terdapat beberapa kendala yang dianggap penumpang kurang khususnya masalah waktu. Bagian yang harus dipertahankan menurut penumpang dengan metode diagram kartesius (Importance Performance Analysis) berdasarkan indikator adalah pelayanan petugas bus, cara mengendarai bus, fasilitas AC dan radio, pegangan (Handgrip) yang sudah memadai dan jumlah halte yang sudah banyak, sedangkan bagian yang harus dikembangkan adalah informasi bus, jadwal bus, waktu tempuh bus, kebersihan halte, tempat duduk dalam bus dan tempat duduk dalam halte.


Full Text:

PDF

References


Algifari, 2016, Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance-Performa Analysis (IPA) dan Model Kano, Penerbit BPFE-Yogyakarta

Asfiati, S., & Mutiara, D. T. (2021). STUDI KESELAMATAN DAN KEAMANAN TRANSPORTASI DI PERLINTASAN SEBIDANG ANTARA JALAN REL DENGAN JALAN UMUM (Studi Kasus Perlintasan Kereta Api Di Jalan Padang, Bantan Timur, Kecamatan Medan Tembung). PROGRESS IN CIVIL ENGINEERING JOURNAL, 1(2).

Asfiati, S., & Zurkiyah, Z. (2021, August). POLA PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP SISTEM PERGERAKAN LALU LINTAS DI KECAMATAN MEDAN PERJUANGAN, KOTA MEDAN. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 206-216).

Asfiati, S., Riky, M. N., & Rajagukguk, J. (2020). Measurement and Evaluation of Sound Intensity at The Medan Railway Station Using a Sound Level Meter. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1428, No. 1, p. 012063). IOP Publishing.

Asfiati, S. (2018, June).TINGKAT KERUSAKAN JALAN PADA PERKERASAN KAKU AKIBAT VOLUME KENDARAAN DI JALAN PERKOTAAN.In SEMNASTEK UISU 2018.

Asfiati, S. (2004).Pembangunan Medan Fair Plaza dan Pengaruhnya Terhadap Prasarana Transportasi.

Fajri, L., Sugiarto, S., Anggraini, R., Sipil, M. T., Kuala, S., Aceh, B., Sipil, J. T., Teknik, F., Kuala, U. S., & Aceh, B. (2019). Penerapan Metode Ipa ( Importance Perfomance Analysis ) Untuk Menganalisis Kepentingan Dan Kepuasan Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Bus Trans Koetaradja Studi Kasus : Koridor I Keudah – Darussalam. 2(2), 164–173.

Frapanti, S., Asfiati, S., & Hadipramana, J. (2020).Pendampingan Legalitas Mutu Berstandart SNI Guna Meningkatkan Pendapatan Home Industri Batu Bata Di Desa Sido Urip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 41-46.

Hadipramana, J., Aguslinar, A., Pratiwi, D. N., & Ginting, N. W. (2019, October). Program Pendampingan Remaja Terhadap Dampak Teknologi Digital Terhadap Gaya Hidup di Desa Sidodadi Ramunia, Kabupaten Deli Serdang.In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 378-383).

Indrayani, I., & Asfiati, S. (2018). Pencemaran Udara Akibat Kinerja Lalu-Lintas Kendaraan Bermotor Di Kota Medan. Jurnal Permukiman, 13(1), 13-20

Muttaqin, M. Z. (2017). PELAYANAN TRANS METRO PEKANBARU DALAM PENCAPAIAN TRANSPORTASI KEBERLANJUTAN ( Studi Kasus : Fakultas Teknik Universitas Islam Riau ). October, 166–176.

Nomor, V. (2018).aintis. Optimalisasi Jasa Koridor Pelayanan Trans Metro Pekanbaru berbasis Persepsi Penumpang 18(April), 83–93.

Nugraha, R., Ambar, H., & Adianto, H. (2014).Usulan Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa pada Bengkel “X” Berdasarkan Hasil Matrix Importance-Performance Analysis (Studi kasus di Bengkel AHASS PD. Sumber Motor Karawang). Jurnal Online Institut TeknologiNasional,1(3),221– 231.ttps://ejurnal.itenas.ac.id/index. php/rekaintegra/article/view/279

Olah, M., & Spss, D. (2015). SPSS ( Statistical Package for the Social Sciens ).

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Importance Performance Analysis Di Sbu Laboratory Cibitung Pt Sucofindo (Persero). J@Ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.12777/jati.9.1. 1-10

Pada, K., Pusat, K., Mata, K., & Dan, I. E. (2019).TRANS. 2(1), 58– 67. https://doi.org/10.24815/jarsp.vl il.

Purnomo, W., & Riandadari, D. (2015). Analisa Kepuasan Pelanggan Terhadap Bengkel Dengan Metode Ipa (Importance Performance Analysis) Di Pt Arina Parama Jaya Gresik. Jurnal Teknik Mesin, 03(03), 54– 63. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac .id/index.php/jtm-unesa/article/view/11298/10727

Riyanto, A. H., & Riyanto, B.-. (2016). Analisis Peningkatan Pelayanan Stasiun Bogor Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Kereta Api Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 11(4), 391. https://doi.org/10.14710/pwk.v1 1i4.11549

Siyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode IPA Dan CSI Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 03(01), 63–76.

Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit Alfabet, Bandung Tamin, O. Z. (2000).Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.In Perencanaan dan pemodelan transportasi.

Turasno, B., Anggraini, R., & Darma, Y. (2019). Analisa Tarif Bus Trans Koetaradja Koridor 2a (Pusat Kota – Blang Bintang) Berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan, Ability To Pay Dan Willingness To Pay. Jurnal Arsip Rekayasa Sipil Dan Perencanaan, 2(1), 11–21. https://doi.org/10.24815/jarsp.v2 i1.13247

Wi, D. I., Perkotaan, L., Trayek, D., Dan, T., Rektorat, D. I., & Perhubungan, J. E. (n.d.). PEDOMAN TEKNI S TERATUR.

Zulkarnain, F. (2021). KONTRAK, PETELITIAIN PENELITIAN TERAPAIN (PT) Tahun Anggaran 2O18. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Zurkiyah, Z., & Asfiati, S. (2021). ANALISIS TINGKAT PELAYANAN DERMAGA PELABUHAN PENUMPANG TELUK NIBUNG ASAHAN, TANJUNG BALAI SUMATERA UTARA. In Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU (Vol. 4, No. 1, pp. 248-252).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa [JIMAWA]

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License