Analisis perilaku konsumen sayur mayur Pada pasar modern di kecamatan Medan sunggal

Tia Aulia Lubis, Gustina Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Untuk menganalisis karakteristikkonsumen yang membeli sayuran di pasar modern di daerah penelitian. 2)Untuk mendeskripsikan perilaku konsumen sayuran di daerah penelitian.

Hasil dari penelitian ini: Umunya yang menjadi konsumen sayur mayurdi pasar modren atau supermarket adalah perempuan dengan total responden sebanyak 73 orang (81,11%), sedangkan untuk rentang usia berada pada rentang 31-46 tahun yaitu sebanyak 45 orang (50%), jenjang pendidikan yang ditempuh oleh konsumen sayur mayur berada pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) yaitu sebanyak 62 orang (68,89%). Tingkat pendapatan konsumen sayur mayur di pasara modren berada pada tingkat pendapatan Rp.>5.100.000 yaitu sebanyak 53 orang (58,89%). Jenis pekerjaan yang digeluti oleh konsumen sayur mayur pada umumnya adalah ibu rumah tangga yaitu sebanyak 56 orang (62,22%). Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian sayur mayur di pasar modern meliputi : Harga, Kualitas, Pelayanan, Lokasi, Promosi dan kemasan. Skor penilain dari masing-masik variable adalahharga (4,09), kualitas (4,00), promosi (4,06), pelayanan (4,08) lokasi (4,11) dan kemasan (3,98).

 

Kata Kunci: perilaku, konsumen, sayur mayur.


References


Buku

Alparisi, S. (2020). Permasalahan Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

Astuti, A. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran iNews TV Sumut dalam Meningkatkan Segmentasi Pemirsa (Doctoral dissertation).

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. 2013. Analisis Struktur-Perilaku-

Direktorat Jenderal Hortikultura. 2013. Pedoman Umum Program Peningkatan Produksi, Produktifitas dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan Tahun 2013. Jakarta.

IRSYAD, M. (2020). PERAN UNIT PELAYANAN TEKNIS PELAYANAN SOSIAL TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA TEBING TINGGI DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS TUNA NETRA DAN TUNA DAKSA KECAMATAN PADANG HILIR (Doctoral dissertation, UMSU).

Jalil, I. A., & Tanjung, Y. (2020). Peran Ganda Perempuan pada Keluarga Masyarakat Petani di Desa Simpang Duhu Dolok Kabupaten Mandailing Natal. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 58-70.

Lubis, H. M., & Saleh, A. (2020). Pekerja Anak Sebagai Buruh Batu Bata di Kelurahan Silandit Kota Padang Sidimpuan. Jurnal Intervensi Sosial dan Pembangunan (JISP), 1(1), 29-43

Marpaung, P. Y. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Pasien Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Dr. Pirngadi Medan (Doctoral dissertation).

Rizky, R. (2018). “Analisis Implementasi Program Bantuan Sosial Rehab Rumah Tidak Layak Terhadap Masyarakat Miskin di Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation).

Rosdakarya. Bandung.Kinerja Pemasaran Sayuran Bernilai Ekonomi Tinggi.

Saleh, A., & Sihite, M. (2020). Strategi Komunikasi untuk Program Corporate Social Responsibility dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 98-105.

Saleh, A. (2021). [Prosiding] Seminar Internasional di UPSI Malaysia. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Saleh, A. (2021). [TURNITIN] Development of Banking CSR Model for Community Empowerment Slum Area in Medan City. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Sutisna. 2011. Perilaku Konsumen dan Kombinasi Pemasaran. PT. Remaja

Sulistyowati, D.Y. 1999. Kajian Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Swalayan Berdasarkan Pengamatan Perilaku Berbelanja di Kotamadya Bandung. Tugas Akhir Jurusan Teknik Planologi Institut Teknologi Bandung.

Wirartha, I Made. 2006. Penelitian Sosial Ekonomi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Jurnal

Anissa, A., Anggraini, A., Putri, S. M., & Putra, Y. A. (2019). Analysis Of Business Feasibility Of Bio Solid Rubber (Bsr) As A Content Of Rubber Vibration. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 2(2), 47-52.

Kabeakan, N. T. M. B., & Putra, Y. A. (2019). The Influence Of Reference Group And Lifestyle On Consumer Attitudes And Decisions To Buy Red Rice In Medan City. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 3(1), 24-31.

Putra, Y. A., Siregar, G., & Utami, S. (2019, October). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 122-127).

Putra, Y. A. (2018). Analysis of affecting factors which influence the purchase of organic vegetables in Medan city. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 1(1).

Siregar, G., Andriany, D., Bismala, L., & Putra, Y. A. (2020). MODEL SINERGI KELEMBAGAAN DALAM PENINGKATAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 3(2), 132-141.

Internet/Web

Ekapribadi, W. 2007. Persaingan Pasar Tradisional dan Pasar Modern, Jakarta http://ekapribadi.wordpress.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.