Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen terhadap ketentuan pembelian Sayur paprika (capsicum annuum l.) (studikasus: supermarket Brastagi jln. Gatot Subroto medan)

Tia Aulia Lubis, Gustina Siregar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana tanggapan konsumen terhadap produk paprika di Supermarket Brastagi. 2). Untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor harga, tingkat pendapatan, dan tingkat pendidikan dalam kepuasan pembelian sayur paprika di Supermarket Brastagi. Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus (case study). Penentuan daerah penelitian ditentukan secara purposive yaitu sampel ditentukan secara sengaja karena sesuai karakteristik dan tujuan penelitian yakni di Supermarket Brastagi Jalan Gatot Subroto Medan.Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode accidental sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 orang reponden yang sedang melakukan pembelian sayur paprika.Metode analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan yang pertama adalah metode analisis deskriptif dan untuk menjawab permasalahan yang kedua adalah metode analisis Regresi Linier Berganda. Kesimpulan diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Dari hasil penelitian diperoleh alasan konsumen melakukan pembelian sayur paprika di peroleh hasil sebanyak sebanyak 73% responden setuju bahwa mereka melakukan pembelian sayur paprika karena alasan kebutuhan dan alasan selanjutnya yang mempengaruhi pembelian konsumen adalah faktor Manfaat yaitu 60% responden menyatakan setuju bahwa alasan melakukan pembelian karena manfaat dari sayur paprika. Sedangkan untuk alasan faktor rasa dan kemasan responden menyatakan tidak setuju. 2). Dari hasil uji parsial diperoleh bahwa pariabel Harga (X1) tingkat pendapatan (X2) dan tingkat pendidikan (X3) berpaguruh secara signifikan atau nyata terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian sayur paprika sedangkan untuk variabel jumloah tanggungan tidak berpengaruh secara signifikan atau nyata terhadap keputusan pembelian sayur paprika.

 

Kata Kunci: Paprika, Alasan Pembelian, Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku.

 


References


BUKU

ANJANI, R. W. FUNGSI PENGAWASAN MAJELIS ADAT ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN ADAT ISTIADAT (ADAT PERKAWINAN) DI ACEH TAMIANG

ANJANI, R. W. FUNGSI PENGAWASAN MAJELIS ADAT ACEH DALAM PELAKSANAAN PEMBINAAN ADAT ISTIADAT (ADAT PERKAWINAN) DI ACEH TAMIANG.

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2020). PENUNTASAN BUTA AKSARA LEWAT MODEL AIDDA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.

Agussani, A. (2018). A Qualitative Study on the Role of Family and Social Circles among Women Entrepreneurs in Indonesia. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk skripsi, Tesis dan Disertai Ilmu Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Cahyono, B. 2014. Teknik Budidaya Daya dan Analisis Usaha Tani Selada. CV. Aneka Ilmu. Semarang. 114 hal.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 8. Erlangga, Jakarta.

MEDAN, P. K. IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERATURAN MENTERI AGRARIA DAN TATA RUANG NOMOR 4 TAHUN 2015 TENTANG PROGRAM NASIONAL AGRARIA (PRONA) DALAM RANGKA PELAYANAN PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH DI KANTOR

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Triadi, F. (2018). Implementasi Kebijakan Qanun Nomor 14 Tahun 2003 Tentang Khalwat (Mesum) Dalam Rangka Pengawasan Pelaksanaan Syaro’at Islam Di Badan Satuan Polisi Pamong Praja Dan Wilayatul Hisbah Kabupaten Bener Meriah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara).

ZUHRA, A. IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2014 TENTANG RETRIBUSI IZIN USAHA PERIKANAN DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGAWASAN IZIN USAHA PERIKANAN DI DINAS PERTANIAN DAN PERIKANAN KOTA MEDAN.

JURNAL

Bismala, L., Andriany, D., & Siregar, G. (2019, October). Model Pendampingan Inkubator Bisnis Terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Medan. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 38-44).

Bismala, L., & Siregar, G. (2020, February). Development Model Of Halal Destination: A Literature Review. In Proceeding International Seminar of Islamic Studies (Vol. 1, No. 1, pp. 624-632).

Harahap, M., Siregar, G., & Riza, F. V. (2021). Mapping The Potential Of Village Agricultural Social Economic Improvement Efforts In Lubuk Kertang Village Kecamatan Berandan Barat Kabupaten Langkat. JASc (Journal of Agribusiness Sciences), 4(1), 8-14.

Putra, Y. A., Siregar, G., & Utami, S. (2019, October). Peningkatan Pendapatan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Pekarangan Dengan Tekhnik Budidaya Hidroponik. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 122-127).

Siregar, G., Andriany, D., & Bismala, L. (2019, October). Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 45-51).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.