IMPLEMENTASI SEKOLAH BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SMA NEGERI 1 BANDAR

Dewi Gustina

Abstract


Sehubungan dengan tuntutan kearah profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan, maka semakin dirasakannya desakan untuk peningkatan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan yang telah menjadi komitmen pendidikan nasional. Isu klasik yang selalu muncul selama ini ialah : usaha apa yang paling tepat untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan? Oleh karenanya penting untuk memahami terlebih dahulu bagaimana mengelola pendidik dan tenaga kependidikan tersebut.

 

Kata Kunci: Sekolah, Kearifan Lokal


Full Text:

PDF

References


Didied affandy dan putu wulandari. (2012). An Expliration local wishdom Priority in public budgeting process ol local government. Int. J. eco. Res. 5(III). Hlm. 61-76

Dwi siswoyo dkk. 2007. Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY press

Fharid rusdi. (2012). Bahasa dan industry radio. Menggagas pencitraan berbasis kearifan lokal. 4(II). Hlm 347-356

Agussani, & Bahri, S. (2019). A qualitative study on the role of family and social circles among women entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(2), 222–239.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). The Opinion of Medan City Society to Islamic Radical Polemics and Terrorist in Indonesia. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 1-9.

Agussani, A. (2020). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science: Facing the Industrial Revolution 4.0 Era. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). Jurnal Studi Pemerintahan" Do Social and lnstitutional Factors lmprove the Quality of Environment? Evidence from 5 ASEAN Economies. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322–333.

Agussani, A. (2018). Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Barnawi, Arifin, M. 2015. Microteaching. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Dadang;, A. H., & Akrim, A. (2020). Social Welfare : Happy , Healthy , And Wealthy. (1925), 1925–1933.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, & Sulasmi, E. (2020). Math Journaling in Inductive Thinking Learning Models to Enhance Students Self-Regulated Learning ( Theoretical concepts ). XXIX, 623–634. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.765

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan mengajar. Refika Aditama

Hasibuan, JJ, dkk. 2006. Proses belajar mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Prasetia, I., Akrim, & Sulasmi, E. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294–314.

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Kartono, K.1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulasmi, E. (2020a). Evaluation of Coaching Students Based on Dormitory Curriculum in Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. 640–646.

Sulasmi, E. (2020b). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E. (2020c). The Development Strategy of Human Resources Management In Children ’ s Social Welfare Institution ( LKSA ) ( Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu ). 562–569.

Sulasmi, E., Agussani, & Tanjung, H. (2020). BRIDGING THE WAY TOWARDS SUSTAINABILITY PERFORMANCE THROUGH SAFETY, EMPOWERMENT AND LEARNING: USING SUSTAINABLE LEADERSHIP AS DRIVING FORCE. JOURNAL OF SECURITY AND SUSTAINABILITY, 9(4), 42–55.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334–342.

Taniredja, Tukiran. 2015. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License