PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI SMAIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN

Fahrul Razi

Abstract


Diantara banyak hal yang dapat diteliti,pelaksaan metode dalam menghafal Al-Qur’an sangatlah bagus untuk diteliti,sebab hal ini juga terkait dengan amal jariyah di akhirat nanti,menghafal Al-Qur’an bukanlah perkara yang mudah,menghafal Al-Qur’an butuh yang namanya ilmu menghafal dan keistiqomahan dalam menghafal dan mengulang-ulang hafalannya. Sebab,tanpa ilmu dalam menghafal maka akan menyebabkan bacaan Al-Qur’an yang keliru serta hafalan yang amat buruk,dan apabila tidak ada kesitiqomahan dalam menghafal dan mengulang-ulang hafalan maka akan menjadikan hafalannya itu lemah bahkan bisa saja terlupakan kembali,maka dari itu penting hukumnya menjaga ilmu dan keistiqomahan dalam menghafal Al-Qur’an agar hafalan tersebut bagus,bermanfa’at,dan kuat di ingatan.

Salah satu sekolah yang saya kunjungi dikota Medan ini yang menerapkan program menghafal Al-Qur’an bagi siswa dan siswinya adalah SMAIT Al-Fityan yang beralamat di Asam Kumbang,sekolah ini mempunyai program kelas khusus bagi yang ingin istiqomah dan berminat dalam menghafal Al-Qur’an,yang dinamakan takhashshush fi tahfizhil qur’an,maka dalam mini riset ini saya akan memaparkan bagaimana cara sekolah tersebut dalam membimbing para siswa dan siswinya dalam menghafalkan keseluruhan Al-Qur’an.

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Menghafal Qur’an

Full Text:

PDF

References


Didied affandy dan putu wulandari. (2012). An Expliration local wishdom Priority in public budgeting process ol local government. Int. J. eco. Res. 5(III). Hlm. 61-76

Dwi siswoyo dkk. 2007. Ilmu pendidikan. Yogyakarta: UNY press

Fharid rusdi. (2012). Bahasa dan industry radio. Menggagas pencitraan berbasis kearifan lokal. 4(II). Hlm 347-356

Agussani, & Bahri, S. (2019). A qualitative study on the role of family and social circles among women entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(2), 222–239.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). The Opinion of Medan City Society to Islamic Radical Polemics and Terrorist in Indonesia. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 1-9.

Agussani, A. (2020). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science: Facing the Industrial Revolution 4.0 Era. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). Jurnal Studi Pemerintahan" Do Social and lnstitutional Factors lmprove the Quality of Environment? Evidence from 5 ASEAN Economies. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Agussani, A. (2020). Integrasi Model Penanganan Trafiking. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen.Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322–333.

Agussani, A. (2018). Program Pendidikan KEAKSARAAN Berbasis Kecakapan Hidup. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Barnawi, Arifin, M. 2015. Microteaching. Yogyakarta: Ar-ruzz Media

Dadang;, A. H., & Akrim, A. (2020). Social Welfare : Happy , Healthy , And Wealthy. (1925), 1925–1933.

Febriana, Rina. 2019. Kompetensi guru. Jakarta: Bumi Aksara

Gunawan, & Sulasmi, E. (2020). Math Journaling in Inductive Thinking Learning Models to Enhance Students Self-Regulated Learning ( Theoretical concepts ). XXIX, 623–634. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.765

Halimah, Leli. 2017. Keterampilan mengajar. Refika Aditama

Hasibuan, JJ, dkk. 2006. Proses belajar mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Prasetia, I., Akrim, & Sulasmi, E. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294–314.

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Kartono, K.1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Mulyasa.2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tilaar, A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulasmi, E. (2020a). Evaluation of Coaching Students Based on Dormitory Curriculum in Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. 640–646.

Sulasmi, E. (2020b). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E. (2020c). The Development Strategy of Human Resources Management In Children ’ s Social Welfare Institution ( LKSA ) ( Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu ). 562–569.

Sulasmi, E., Agussani, & Tanjung, H. (2020). BRIDGING THE WAY TOWARDS SUSTAINABILITY PERFORMANCE THROUGH SAFETY, EMPOWERMENT AND LEARNING: USING SUSTAINABLE LEADERSHIP AS DRIVING FORCE. JOURNAL OF SECURITY AND SUSTAINABILITY, 9(4), 42–55.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334–342.

Taniredja, Tukiran. 2015. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.