Analisis Penerapan Desain Pembelajaran Di SMAN 2 Lubuk Pakam Pada Situasi Masa Pandemi Covid-19

Nazwar Ali

Abstract


Proses pembelajaran itu tidak hanya sekedar transfer ilmu dari pendidik kepada Siswa saja akan tetapi bagaimana pendidikan itu mampu memfasilitasi siswa untuk memiliki imu pengetahuan, sikap, kepribadian dan kemandirian. Melakukan proses pendidikan memerlukan banyak pekerjaan dan keterlibatan dari komponen pembelajaran salah satunya adalah guru. Seorang guru dituntut untuk merancang proses pembelajaran dengan menghadirkan suasana belajar yang tepat agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan secara efektif, efisien dan menyenangkan, sehingga dapat tercapainya tujuan dari suatu pendidikan yang telah ditetapkan dalam sekolah tersebut.


Full Text:

PDF

References


Agussani, & Bahri, S. (2019). A qualitative study on the role of family and social circles among women entrepreneurs in Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 8(2), 222–239.

Agussani, A. (2020). ARE WOMAN THE DOMINANT ENTREPRENEURS IN INDONESIA?. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). The Opinion of Medan City Society to Islamic Radical Polemics and Terrorist in Indonesia. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(2), 1-9.

Agussani, A. (2020). The Use of Visual Basis Learning Strategy in Social Science: Facing the Industrial Revolution 4.0 Era. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen.

Agussani, A. (2020). Jurnal Studi Pemerintahan" Do Social and lnstitutional Factors lmprove the Quality of Environment? Evidence from 5 ASEAN Economies. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Akrim, A., & Sulasmi, E. (2020). Student perception of cyberbullying in social media. Talent Development and Excellence, 12(1), 322–333.

Dadang;, A. H., & Akrim, A. (2020). Social Welfare : Happy , Healthy , And Wealthy. (1925), 1925–1933.

Gunawan, & Sulasmi, E. (2020). Math Journaling in Inductive Thinking Learning Models to Enhance Students Self-Regulated Learning ( Theoretical concepts ). XXIX, 623–634. https://doi.org/10.24205/03276716.2020.765

Prasetia, I., Akrim, & Sulasmi, E. (2019). Jurnal tarbiyah. 26(2), 294–314.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Efforts to Increase Children's Courage Motivation for Performance Through Role Playing Strategies in RA Al-Muslihin Binjai. IJEMS: Indonesian Journal of Education and Mathematical Science, 1(1), 1-8.

Akrim, A. (2018). MENJADI GENERASI PEMIMPIN Apa yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1). UMSU, K. E. M. PEMBENTUKAN SARJANA BERKUALITAS MELALUI SOFT SKILLS PADA.

AKRIM, M., & HARFIANI, R. Daily learning flow of inclusive education for Early Childhood.

Akrim, A., & Paridah, P. (2019). Upaya Meningkatkan Motivasi Keberanian ANak Untuk Perfomence Melalui Strategi Permain Peran di RA Al-Muslihin Binjai. JEMS: Journal of Education and Mathematical Science, 1(1).

Akrim, A., Zainal, Z., & Munawir, M. (2016). Developing Model and Textbook Integrated to Spiritual and Social Competence of Math Subject for Grade VII in State Junior High School of Medan. Proceeding of ICMSE, 3(1), M-97.

ALAMSYAH, K. S. PERCERAIAN AKIBAT KETIDAKHARMONISAN DALAM RUMAH TANGGA KARENA SUAMI MENDERITA KELAINAN SEKSUAL.

Darusman, Rijal. "Penerapan metode mind mapping (peta pikiran) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP." Infinity Journal. No. 2. Volume 3. 2014.

Fanreza, Robie and Pasaribu, Munawir. "Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Didik." (2016).

Hayati, I. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 8(2), 52-72.

Hayati, I., & Siregar, Y. Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). AGHNIYA: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2).

Imaduddin, Muhammad Chomsi, and Unggul Haryanto Nur Utomo. "Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII." Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia. No. 1. Volume 9. 2012.

Kadarusman, Guntur, and Bambang Eko Hari Cahyono. "Penggunaan Media Pembelajaran Pohon Ajaib dengan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Siswa Tunarungu Kelas II SDLB Dharma Wanita Jiwan Kabupaten Madiun." Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya. No. 1. Volume 2. 2018.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. International Journal of Engineering & Technology, 7(2.9), 78-81. Islam, Eksploratori Pada Materi Kitab-Kitab. "Langkat)(Akrim dan Alesyanti)."

Nasrudin, N., et al. "Multimedia educational game approach for psychological conditional." Int. J. Eng. Technol 7.2.9 (2018): 78-81.

Nasrudin, N., Agustina, I., Akrim, A., Ahmar, A. S., & Rahim, R. (2018). Multimedia educational game approach for psychological conditional. Int. J. Eng. Technol, 7(2.9), 78-81.

Putu, Mita Sari Ni Luh, I. Nengah Suadnyana, and I. Wayan Darsana. "Model Mind Mapping Dalam Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan Ipa." Mimbar PGSD Undiksha. No. 1. Volume 4. 2016.

Pinem, R. K. B. (2020). DONOR ANGGOTA TUBUH (TRANSPLANTASI) MENURUT HUKUM ISLAM (Upaya Mengidentifikasi Masalah dan Mencari Dalil-Dalilnya). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 5(1), 67-78.

Pinem, R. K. B., Mavianti, M., & Harfiani, R. (2019, October). Upaya Peningkatan Kualitas Mubalighat Melalui Pelatihan Public Speaking & Styles Dakwah Pada Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Sumatera Utara. In Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan (Vol. 1, No. 1, pp. 187-193).

Pinem, R. (2019). Hak-Hak Perempuanterhadap Harta Dalam Suku Karo (Memaknai Simbol dalam Rangka Perubahan Hukum di Masyarakat). DE LEGA LATA: Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 16-27.

Pinem, R. K. B. (2019). Metode Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, 11(2), 373-395.

Rahman, Miftahul, and Nurfadilah Mahmud. "Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene." Saintifik. No. 1. Volume 4. 2018.

Syam, Natriani, and Ramlah Ramlah. "Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas IV SDN 54 Kota Parepare." Publikasi Pendidikan. No. 5. Volume 3. 2015.

Umrotun. "Pembelajaran melalui Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Kemagnetan Peserta Didik Kelas IX Semester Dua Tahun Ajaran 2012/2013." Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. No. 1. Volume 7. 2016

Sulasmi, E. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa ditinjau dari aspek manajemen belajar siswa (studi pada siswa smp gajah mada medan). (1).

Kartono, K.1977. Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional. Jakarta: Pradnya Paramita.

Manan, Imran. 1989. Dasar-Dasar Sosial Budaya Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Tilaar, A. R. 2004. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtarahardja, U. dan Sulo, S. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulasmi, E. (2020a). Evaluation of Coaching Students Based on Dormitory Curriculum in Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Bengkulu Tengah. 640–646.

Sulasmi, E. (2020b). Konsep Pendidikan Humanis Dalam Pengelolaan Pendidikan Di Indonesia. 162. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sulasmi, E. (2020c). The Development Strategy of Human Resources Management In Children ’ s Social Welfare Institution ( LKSA ) ( Case Study in LKSA AL-Mubaraak Orphanage Bengkulu ). 562–569.

Sulasmi, E., Agussani, & Tanjung, H. (2020). BRIDGING THE WAY TOWARDS SUSTAINABILITY PERFORMANCE THROUGH SAFETY, EMPOWERMENT AND LEARNING: USING SUSTAINABLE LEADERSHIP AS DRIVING FORCE. JOURNAL OF SECURITY AND SUSTAINABILITY, 9(4), 42–55.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2020). Management construction of inclusion education in primary school. Talent Development and Excellence, 12(1), 334–342


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ilmiah [JIMAWA]

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Kampus Utama
Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan
Sumatera Utara-20238
E-mail: jimawa@umsu.ac.id

Creative Commons License
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License